Kisah Sukses Pendiri Pocari Sweat - Video Arsip Kisah Sukses Pendiri Pocari Sweat - Video Arsip

Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

Kisah Sukses Pendiri Pocari Sweat

Sejarah Pocari Sweat dan Kisah Sukses Pengusaha Jepang
Suatu hari di Pabrik Otsuka Pharmaceutical di Tokushima - Jepang. Akihiko Otsuka yang merupakan cucu dari pendiri Otsuka Group menjabat sebagai Kepala Pabrik Tokushima. Masahito Otsuka ayah dari Akihiko adalah seorang pimpinan yang karismatik. Saat dipegang Masahito, perusahaan menjadi sangat maju sekali dengan berbagai produk terkenal seperti obat oles dan Oronamin C.

Terinspirasi dari kesuksesan ayahnya, Akihiko pun ingin menciptakan produknya sendiri yang nantinya bisa menjadi pilar perusahaan yang dipegangnnya dan belum pernah ada di pasaran. Ia punya tekat yang kuat untuk menemukan produk tersebut dengan tangannya sendiri.

Rokuro Harima yang saat itu menjabat sebagai Penanggung Jawab Pengembangan Minuman dan dijuluki sebagai ahli rasa menghadap Akihiko dan menyampaikan ide untuk membuat minuman yang terbuat dari cairan infus. Akihiko yang merasa keheranan kemudian mendapat penjelasan dari pak Harima.

Suata hari Pak Harima pergi ke Meksiko untuk mengadakan survei buah-buahan tropis untuk mengembangkan minuman terbaru. Disana ia mendapat pengalaman yang mengerikan. Beliau menderita diare yang cukup buruk dan dirawat di rumah sakit. Karena air di meksiko kurang baik, ia minum obat dengan air soda. Dan secara tidak sengaja, pak Harima melihat seorang dokter yang meminum cairan infus sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan operasi yang cukup melelahkan. Dari pengalaman itulah ia punya ide bagaimana kalau menjadikan cairan infus sebagai minuman yang dapat di konsumsi kapan saja. Tapi karena saat itu Akihiko hanya menjabat sebagai Kepala Pabrik belum menyetujui ide brilian tersebut karena belum waktunya.

Tiga tahun kemudian Akihiko yang saat itu sudah menjabat sebagai Presiden Direktur memanggil Pak Harima yang dulu pernah mengeluarkan ide untuk membuat minuman dari cairan infus. Saat itu pak Harima bersama seorang peneliti muda bernama Akihisa Takaichi menghadap bapak Presdien Direktur. Disana pak Akihiko menyetujui ide brilian yang pernah diutarakan pak Harima tiga tahun yang lalu yaitu tentang pembuatan minuman dari cairan infus.

Pada saat itu sedang trend olah raga jogging di masyarakat jepang. Itu tandanya warga jepang sudah peduli terhadap kesehatan. Dari pengamatan tersebut itulah Akihiko ingin mengembangkan minuman kesehatan yang bisa menggantikan cairan elektrolit yang hilang saat berkeringat. Konsep rasa pun disampaikan secara jelas bahwa minuman tersebut harus bisa diminum kapan saja dan enak di tenggorokan.

Harima yang dijuluki sebagai ahli rasa menyerahkan penelitian tersebut kepada Akihisa Takaichi yang kebetulan menjabat sebagai peneliti muda di perusahaan tersebut. Mendapat kepercayaan untuk melakukan penelitian, Akihisa pun pergi ke tempat sauna dan berjalan-jalan di bawah terik matahari untuk mengetahui kandungan yang terdapat dalam keringat. Ia pun mengambil sample keringat yang keluar untuk memahami komposisi yang terkandung dalam keringat.

Takaichi pun langsung ke laboratorium dan membuat minuman uji coba yang sama persis dengan komposisi keringat. Beberapa minuman uji coba yang dibuat Takaichi diserahkan pak Harima yang dijuluki sebagai ahli rasa. Ternyata minuman yang dibuat sesuai komposisi keringat rasanya pahit dan susah di telan. Saat itu juga pak Harima mengatakan bahwa minuman seperti itu akan sulit diterima masyarakat jepang karena rasanya terlalu pahit.

Mendapat komentar seperti itu, Takaichi pun terus memikirkan bagaimana cara menghilangkan rasa pahit tersebut. Terlintas ide untuk menambahkan zat pemanis alami pada minuman tersebut. Hasilnya adalah rasa pahit memang hilang, tapi rasanya menjadi terlalu manis. Padahal minuman yang diinginkan pak Akihiko adalah minuman ringan yang kadar gulanya dibawah 10%.

Tiga tahun melakukan penelitian tersebut namun belum menemukan hasil yang memuaskan. Padahal minuman uji coba yang dihasilkan sudah mencapai 1000 jenis. Saat Takaichi menyerahkan sample minuman untuk di uji presiden direktur secara langsung, secara kebetulan ada karyawan yang meminta presiden direktur untuk menguji minuman serbuk instan yang saat itu sedang dikembangkan perusahaan tersebut. Tapi ternyata minuman serbuk instan yang ingin dikembangkan juga belum sempurna.

Saat itulah muncul sebuah gagasan dari pak Akihiko untuk mencampur kedua minuman yang sama-sama belum sempurna yaitu minuman serbuk instan dan minuman cairan infus yang diteliti oleh Takaichi. Hasilnya cukup mengejutkan karena rasa pahit dari cairan infus yang dijadikan minuman telah hilang. Rasanya juga sangat enak di tenggorokan. Rupanya rasa pahit yang ada dalam cairan infus tergantikan rasa pahit yang enak dari minuman serbuk instan yang terbuat dari buah jeruk. Dari pengalaman itulah Takaichi langsung membeli beberapa jenis jeruk untuk dilakukan penelitian. Setelah melakukan percobaan berkali-kali akhirnya ditemukan buah jeruk yang pas untuk menghilangkan rasa pahit yang ada dalam cairan infus. Dari jenis jeruk yang manakah yang cocok untuk cairan infus? Ini menjadi rahasia perusahaan Otsuka Pharmaceutical yang tidak bisa dibeberkan ke publik.

Presiden Direktur pun akhirnya mengadakan pertemuan dengan para pemegang saham tentang minuman yang ingin dikembangkan ini. Tapi malah mendapat tanggapan yang kurang menyenangkan. Meskipun demikian Bapak Presiden Direktur tetap memutuskan untuk memproduksi minuman tersebut karena memiliki keyakinan yang kuat bahwa minuman ini nantinya akan dibutuhkan sebagai minuman kesehatan.

Produk yang diberi nama Pocari Sweat akhirnya diciptakan dan diedarkan oleh tim marketing. Sayangnya tim marketing yang saat itu dikerahkan justru mendapat penolakan dari warga jepang dan memperoleh tanggapan yang kurang menyenangkan terkait minuman ini. Karena mendapat tanggapan buruk, Presiden Direktur justru mengeluarkan keputusan yang mengagetkan yaitu agar membagikan minuman tersebut secara gratis dengan jumlah tak terbatas. Targetnya adalah orang-orang yang beraktifitas di luar ruangan, sedang berolahraga atau orang yang sedang berkeringat. Sungguh di luar dugaan, responnya sangat bagus dan posisif. Mereka mengatakan bahwa minuman Pocari Sweat rasanya aneh dan tidak biasa tapi enak di minum.

Kegiatan membagikan minuman ini dilakukan selama beberapa tahun. Tujuannya adalah mensosialisasikan minuman tersebut agar dikenal masyarakat. Berkat operasi tersebut, pocari sweat sedikit demi sedikit mulai popular dan dikenal masayarakat. Tapi karena membagikan tanpa batas, kerugiannya mencapai 30 Juta kaleng atau setara dengan 400 milyar rupiah. Hebatnya adalah justru sang presiden direktur memerintahkan untuk tetap membagikan minuman ini secara gratis selama satu tahun ke depan.

Setelah satu tahun, akhirnya produk minuman kesehatan Pocari Sweat telah dikenal dan mulai dijual. Tahun pertama memang belum mendapat keuntungan yang signifikan. Tapi tahun kedua saat musim panas tiba, keuntungan dari penjualan pocari sweat meningkat tajam. Akhirnya keyakinan Presiden Direktur Akihiko berbuah manis.

Itulah sekelumit Kisah Sukses Pengusaha dari Jepang bernama Akihiko yang merupakan pendiri Pocari Sweat di Jepang. Buat sahabat yang ingin mengetahui kisahnya dalam bentuk video, silahkan tonton video dibawah ini dengan menekan tombol play yang muncul di layar komputer anda.


Kisah Sukses Pendiri Pocari Sweat
Ini adalah video Sejarah Pocari Sweat dan Kisah Sukses Pengusaha dari Jepang. Siapa menyangka bahwa ide yang awalnya dianggap tidak masuk akal justru berbuah manis.
Posted by Hadi Prayitno on Wednesday, May 13, 2015


Dan bagi sahabat yang nggak bisa menonton secara live, bisa meluncur ke channel facebook berikut Go to Facebook.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
3 Komentar untuk "Kisah Sukses Pendiri Pocari Sweat"

Siapa sangka ide yang awalnya tidak masuk akal justru akan berbuah manis berupa kesuksesan dan keuntungan yang luar biasa.

untuk sukses, selain kerja keras dan berani mengambil resiko, yang harus kita lakukan adalah percaya dengan apa yang kita yakini :)

Yups betul sekali. Dengan Percaya Diri, hasilnya insyaallah akan maksimal dan memuaskan.

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top