50 Objek Wisata Karesidenan Pati Paling Banyak Dikunjungi - Video Arsip 50 Objek Wisata Karesidenan Pati Paling Banyak Dikunjungi - Video Arsip

Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

50 Objek Wisata Karesidenan Pati Paling Banyak Dikunjungi

Tempat Wisata Paling Di Minati di Kabupaten Kota Pati
Pati adalah sebuah kota karesidenan. Adapun wilayah yang masuk dalam karesidenan pati meliputi Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Pati itu sendiri. Dan ternyata karesidenan pati memiliki potensi wisata yang menakjubkan. Sebagian sudah diketahui masyarakat, namun banyak juga yang belum dikenal karena lokasinya yang jauh dari pusat kota.

Objek wisata Karesidenan Pati terbilang unik karena mencakup seluruh aspek potensi wisata yang ada di indonesia. Ada Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Bahari, Wisata Sejarah, Wisata Religi, Wisata Kuliner dan Agro Wisata. Butuh beberapa hari jika ingin menjelajahi seluruh tempat wisata yang ada di Karesidenan Pati. Namun saya jamin anda akan merasa puas setelah mengunjungi tempat wisata tersebut.


Dibawah ini merupakan Tempat Wisata Karesidenan Pati yang berhasil dihimpun Tim Video Arsip.

1. Taman Kota Pati
Taman Kota Pati juga tak kalah menariknya dengan tempat wisata yang ada di kabupetan pati. Tempat tersebut sering dijadikan anak muda untuk ketemuan atau bermesraan pasangan kekasih yang dilanda jatuh cinta. Banyaknya gazebo dan pedagang kaki lima menjadikan tempat tersebut semakin romantis.


2. Pintu Gerbang Majapahit
Gerbang Majapahit merupakan bukti sejarah adanya sistem pemerintahan pada masa lampau di wilayah pati. Konon kabarnya orang yang melewati gerbang tersebut akan dibawa ke masa kerajaan majapahit dan tidak bisa kembali. Untuk menjaga keaslian cagar budaya tersebut, warga asli memasang pagar pembatas yang hanya bisa dibuka oleh sang juru kunci.


3. Tempat Pembuangan Akhir - TPA Pati
TPA Pati merupakan tempat pembuangan sampah paling bersih yang ada di indonesia. TPA ini bahkan telah menjadi proyek percontohan daerah lain. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri bisa menjadi pelopor TPA berbasis edukasi di wilayah karesidenan pati. Atas keberhasilan dalam mengolah sampah ini, Pemerintah Kabupaten Pati memperoleh perhargaan Adipura Kencana untuk ke sekian kalinya.


4. Kran Air Raksasa Melayang Di Pinggir Kota Pati
Pati telah lama dikenal sebagai Kota Seribu Paranormal. Hal ini rupanya bukan omong kosong saja. Terbukti ada sebuah icon kota pati yang menggambarkan akan hal ini yaitu Kran Melayang di pinggir kota. Kran air raksasa melayang di pinggir kota ini bukanlah hasil aktifitas sihir melainkan sebuah implementasi dari ilmu terapan yang mempesona.


5. Pantai Banyutowo Dukuhseti Pati
Pantai Banyutowo adalah sebuah pantai yang ada di ujung utara pulau jawa. Lokasinya berada di Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati (Sebelah Utara Tayu). Disana anda bisa melihat indahnya matahari terbit dari timur. Jembatan bambu yang menghubungkan daratan dan lautan sangat cocok untuk bermesraan dengan kekasih tercinta.


6. Wisata Alam Klating Pucakwangi
Klating adalah sebuah nama sungai yang ada di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Sungai klating merupakan salah satu sungai paling menakjubkan yang ada di kota pati karena memiliki undakan layaknya air terjun bertingkat. Jika kebanyakan sungai yang ada berada di dataran rendah, kali klating justru berada di dataran tinggi yaitu diatas pegunungan kendeng.


7. Air Terjun Tretes Tlogowungu Pati
Air Terjun Tretes merupakan bagian dari air terjun santi. Air Terjun ini berada di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Lokasinya yang jauh dari perkampungan menyebabkan air terjun tersebut jarang terjamah manusia. Kalau boleh saya katakan, air terjun tretes masih alami alias masih perawan.


8. Alun-Alun Kota Pati
Alun-Alun Pati juga layak dijadikan tujuan wisata khususnya di malam hari. Sambil menikmati indahnya malam di tengah kota, anda bisa mencoba sensasi berbelenja dan berwisata kulliner bersama keluarga dan teman-teman. Barang dagangan yang ditawarkan disana juga murah-murah asalkan anda pandai menawar.


9. Goa Pancur Jimbaran Kayen
Goa Pancur merupakan salah satu goa terunik yang ada di kota pati. Hal ini karena di dalam gua terdapat sungai bawah tanah yang terus mengeluarkan air meskipun berada di musim kemarau sekalipun. Oleh sebab itulah mulut gua selalu penuh dengan genangan air. Goa Pancur ini masuk dalam wilayah Kecamatan Kayen tepatnya berada di Desa Jimbaran.


10. Pulau Seprapat Juwana Pati
Pulau Sprapat adalah sebuah pulau kecil di sebelah utara TPI Juwana. Pulau tersebut merupakan pulau buatan yang dibangun pada masa penjajahan belanda. Tempatnya lumayan asri karena banyak pohon rindang yang tumbuh disana. Konon kabarnya tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk mencari pesugihan.


11. Waduk Seloromo Gembong
Waduk Seloromo juga nggak kalah menarik dengan waduk gunung rawa. Disana kita bisa adu ketangkasan dalam hal memancing ikan. Waduk ini juga sering digunakan pasangan muda-mudi yang sedang jatuh cinta untuk bermesraan. Bahkan pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan menyempatkan diri datang ke waduk seloromo untuk pengambilan gambar foto Pre-wedding.


12. Objek Wisata Kebun Jollong Pati
Kebun Jollong Pati awalnya adalah sebuah kawasan perkebunan kopi. Namun saat ini kawasan ini telah berubah menjadi objek wisata menakjubkan yang berada diatas pegunungan. Lokasinya sendiri berada di jajaran gunung muria. Karena udaranya yang sejuk, agrowisata kebun jollong sering dimanfaatkan sebagai tempat camping favourite anak muda kota pati.


13. Air Terjun Grenjengan Jollong Pati
Air Terjun Grenjengan Jollong Pati terletak di kawasan kebun jollong pati. Lokasinya sendiri berada tepat dibawah Objek Wisata Kebun Jollong. Berbeda dengan air terjun lain yang berada di wilayah pati, air terjun ini sudah terkelola dengan baik. Sehingga wisatawan yang hendak masuk ke area ini dikenakan tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah.


14. Bumi Perkemahan Regaloh Pati
Bumi Perkemahan a.k.a Buper Regaloh Pati merupakan sebuah kawasan perhutani yang berada di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Selain digunakan untuk camping, kawasan ini juga sering digunakan sebagai tempat mengadakan pertemuan. Namun yang memikat pengunjung sebenernya adalah budidaya ulat sutera sebagai penghasil kain sutera terbaik dunia.


15. Air Terjun Selonatah
 Air Terjun Selonatah a.k.a Air Terjun Grudo adalah air terjun 5 deret yang berada di selatan kota pati. Air terjun ini baru terekspose oleh media setelah ada nettizen yang mengunggah foto air terjun di facebook. Sejak itulah air terjun ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota.


16. Hutan Mangrove Pantai Sambilawang
Hutan Mangrove Pantai Sambilawang merupakan wisata pinggir pantai yang menawan. Disana kita bisa melihat matahari terbit dari balik hutan bakau atau memancing ikan di sungai. Jika kita suka bergaya, tempat ini juga sangat cocok untuk foto selfie.


17. Kerajinan Batik Tulis Bakaran
Batik Tulis Bakaran merupakan batik khas pati yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke kota pati. Wisatawan yang datang ke Desa Bakaran tak hanya disajikan aneka ragam batik tulis melainkan juga diajak melihat langsung proses pembuatan Batik Tulis Khas Bakaran.


18. Vihara Gunungwungkal
Vihara Saddaghiri merupakan wihara termegah di kabupaten pati. Lokasinya yang berada di pedalaman tak mengurangi minat wisatawan untuk melihat vihara termegah di Jawa tengah dari jarak dekat. Karena bentuknya yang unik, vihara ini sering dijadikan sebagai tempat foto favourite.


19. Lorodan Semar Sumbersari Kayen
Lorodan Semar merupakan wisata alam yang mirip dengan prosotan di waterboom. Disana pengunjung bisa bermain air sambil lorodan layaknya wahana air di Wisata Bahari Lamongan. Bedanya lorodan semar terbentuk secara alami oleh alam sedangkan WBL dibuat oleh manusia.


20. Makam Jati Kembar
Makam Jati Kembar adalah sebuah makam keramat yang berdekatan dengan situs candi kayen. Dua buah jati kembar yang tumbuh menjulang tinggi sebenernya adalah tetenger dari makam seorang tokoh ternama di Desa Miyono. Menurut juru kunci, sesepuh tersebut adalah paman dari syekh jangkung landoh alias saridin.


21. Situs Candi Kayen
Situs Candi Kayen merupakan cagar budaya di kabupaten pati. Candi kayen berada di tengah persawahan yang tidak begitu padat penduduk. Lima tahun belakangan candi tersebut menjadi pusat penelitian sebuah universitas terkemuka di Jawa Tengah.


22. Air Terjun Grenjengan Sewu
Air terjun ini berada di kecamatan Gunung Wungkal - Pati. Air terjun ini cukup dikenal oleh masyarakat pati. sayangnya akses untuk menuju tempat tersebut cukup sulit karena jalannya banyak yang rusak. Namun rasa lelah saat dalam perjalanan akan segera terobati setelah menyaksikan sendiri keindahan air terjun grejegan sewu.


23. Sendang Sani
Sendang Sani juga merupakan salah satu icon kota pati yang patut dibanggakan. Disana anda bisa melihat sebuah sendang kecil yang terus mengeluarkan air. Konon kabarnya di dalam sendang tersebut terdapat sebuah bulus yang berumur ratusan tahun. Namun saat tim video arsip datang kesana, kami tidak menjumpai bulus yang dimaksud. Di dekat sendang juga terdapat kolam renang yang sering digunakan warga kota pati untuk berlatih berenang. Tempat wisata sendang sani ini terkelola dengan baik sehingga untuk masuk ke objek wisata tersebut kita dikenai tiket masuk.


24. Makam Syeh Jangkung Saridin
Wisata religi berikutnya yang layak anda kunjungi adalah makam saridin. Saya kira sudah banyak yang tahu tentang kisah perjalanan saridin. Ketoprak yang berasal dari pati sering membawa lakon saridin dalam pertunjukan mereka. Makam saridin ini berada di kecamatan kayen kabupaten pati.


25. Air Terjun Monthel
Air Terjun Monthel merupakan salah satu air terjun paling banyak dikunjungi yang ada di karesidenan pati. Air Terjun ini berada di Kawasan Gunung Muria - Kudus. Para peziarah yang datang ke makam sunan muria umumnya menyempatkan diri berkunjung ke air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini.


26. Masjid & Menara Kudus
Menara Kudus merupakan icon kota kudus. Menara ini dibangun oleh Sunan Kudus. Arsitektur dari menara ini mirip dengan punden berundak pada masa majapahit. Pada zaman dahulu menara tersebut difungsikan untuk mengumandangkan adzan agar terdengar sampai pelosok.


27. Goa Terawang Todanan Blora
Goa Terawang berlokasi di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Goa ini terdiri dari beberapa gua yang saling terhubung. Diantara gua terdapat lubang besar yang bisa kita gunakan untuk melihat langit di siang hari atau gugusan bintang di malam hari.


28. Bledug Kuwu
Bledug Kuwu merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan. Letusan yang disebabkan oleh panas bumi menyebabkan tanah di sekitar bledug kuwu gembur namun tidak bisa ditumbuhi tanaman. Hal ini karena lumpur yang keluar dari letusan tersebut mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Desa Wisata Bledug Kuwu ini berada di sebelah timur kota Purwodadi.


29. Waduk Gunung Rowo
Waduk Gunung Rowo berada di lereng gunung muria. Jaraknya sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota pati. Waduk ini lumayan terkelola dengan baik. Disana sudah ada gazebo yang bisa digunakan untuk menikmati panorama yang indah antara danau, gunung dan pepohonan yang lebat. Pada akhir pekan dan hari libur, waduk ini selalu ramai dengan pengunjung.

30. Juwana Water Fantasy
JWF merupakan Water Boom yang dimiliki kota pati. Lokasinya berada di Kecamatan Juwana. Wahana bermain air ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta. Tiket masuknya juga lumayan terjangkau. Jika anda ingin kesana, pastikan untuk membawa pakaian ganti.

31. Air Terjun Tadah Hujan
Pegunungan kendeng juga menyimpan potensi wisata lainnya yaitu berupa air terjun tadah hujan. Air terjun ini berada di kecamatan sukolilo pati. Disana anda bisa menikmati pemandangan sambil mandi dibawah derasnya air terjun yang jatuh dari atas.

32. Air Terjun Songgo Langit
Air terjun ini masuk dalam kawasan jepara. Untuk mencapai tempat itu kita harus rela berkendara naik turun. Air terjun songgo langit terbilang masih asri dan perawan. Pemandangan yang ditawarkan juga nggak kalah dengan air terjun tadah hujan.

33. Goa Larangan & Goa wareh
Kedua goa tersebut berada di pegunungan kendeng namun dengan lokasi yang berbeda. Goa Larangan berada di kecamatan tambakromo sedangkan Goa Wareh berada di kecamatan sukolilo. Jarak keduanya juga sangat jauh. Kedua goa tersebut tidak cukup terkenal dibandingkan dengan gua pancur.

Demikianlah tempat wisata karesidenan pati yang bisa saya sampaikan. Untuk tempat wisata lainnya masih dalam tahap eksplorasi. Jadi daftar tempat wisata yang ada diatas masih akan terus bertambah. Kami ingin menyajikan liputan wisata seakurat mungkin sebagai referensi tujuan wisata anda.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
12 Komentar untuk "50 Objek Wisata Karesidenan Pati Paling Banyak Dikunjungi"

Akan anda temukan banyak tempat wisata jika anda mau keluar rumah dan bereksplorasi. Alam Indonesia itu indah dan menawan kawan.

Blm pernah k Pati. Banyak jg tempat wisatanya, banyutowo=air putih kelingan mbiyen cilik

Ayo dong kak wisata ke pati. Tempat wisatanya banyak lho.

hihi...saya belum pernah ke patii... :(

Judul-e 50 tp kok mung 21...selain itu ad juga yang tidak masuk kota pati di masukan ke wisata pati....hadeh ...tertipu aq mas brooo...

Di grobogan ada air terjun gulingan, waduk kedung ombo, water boom mulia, water boom bloombang, api abadi, goa lawa, goa macan, air terjun widuri,danau resto,rumah fosil banjarejo,bledug kuwu, bledug kramesan, bledug kesongo,waduk nglangon, sendang keongan,sendang bulusan, pemandian jati pohon, makam getas pandawa, makam ki ageng sela, makam jaka tarub, makam lembu peteng(bondan kejawen), kali biru, taman kota purwodadi, simpang lima purwodadi, alun-alun purwodadi dll.

Terima kasih banyak kawan atas tambahan informasinya. Insyaallah akan segera saya eksplore. Pokoknya yang masuk wilayah karesidenan, tunggu saja kedatangan tim kami.

Masih dalam proses eksplorasi kawan. Tim kami sangat terbatas sehingga belum bisa memenuhi target kami.

#Jati Parianto,Oke kalo Judul soal jumlah wisata memang gak sesuai tapi soal wisata tidak ikut kota pati dimasukkan kamu yang salah paham,,,itu judulnya karesidenan Pati kang (Pati,kudus,jepara,Grobogan,blora,rembang) itu kares Pati saya orang kudus ikut kares Pati jadi tau.

Ada tambahan lagi wisata di grobogan. Daerah kecamatan wirosari ada air terjun ngayongan, grojogan kinasih, grojogan kinanti, goa lawa, mata air goa ngesong.

Bisa jadi referensi buat yang suka berexplorasi. Air terjun di ujung utara Kabupaten Pati ___ https://www.youtube.com/watch?v=mnjsFJmxodw

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top