Masjid Menara Kudus, Bukti Kejayaan Islam Masa Lampau - Video Arsip Masjid Menara Kudus, Bukti Kejayaan Islam Masa Lampau - Video Arsip

Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

Masjid Menara Kudus, Bukti Kejayaan Islam Masa Lampau

Masjid Menara Kudus dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau 956 Hijriah. Batu pertama yang digunakan sebagai pondasi diambil langsung dari Baitul Maqdis, Palestina. Masjid bersejarah ini berada di Desa Kauman Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Keunikan dari masjid ini adalah terdapat sebuah menara yang bentuknya menyerupai candi. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Menara Kudus. Menara ini pada jaman dahulu digunakan untuk mengumandangkan adzan.

Masjid Menara Kudus memiliki nama lain yaitu Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar. Masjid ini selalu ramai oleh pengunjung yang hendak berziarah ke makam Sunan Kudus. Mesjid Menoro Kudus ini semakin ramai saat acara Festival Dhandhangan untuk menyambut bulan ramadhan yang penuh berkah.

Cara berdakwah Sunan Kudus terbilang sangat bijaksana sekali. Beliau mampu beradaptasi dan pribumisasi ajaran islam di tengah masyarakat yang mayoritas beragama hindu dan budha. Salah satu bukti sejarah yang menggambarkan pluralisme tersebut adalah bangunan menara kudus yang meskipun bentuknya mirip candi namun memiliki fungsi yang berbeda yaitu menyuarakan adzan sebagai pertanda waktunya sholat berjamaah telah tiba.

Menara Kudus ini memiliki ketinggian lebih kurang 18 meter. Bagian dasarnya mempunyai lebar masing-masing 10 meter. Di sekeliling bangunan terdapat hiasan piring bergambar yang berjumlah 32 buah. 20 buah berwarna biru serta berlukiskan masjid, manusia dengan unta dan pohon kurma. Sedangkan yang 12 buah berwarna merah putih yang berlukiskan kembang. Di dalam menara kudus terdapat sebuah tangga yang terbuat dari kayu jati. Diperkirakan tangga ini dibuat pada tahun 1895 Masehi.

Masjid Al Aqso ini memiliki 5 buah pintu di sebelah kanan dan 5 buah pintu di sebelah kiri. Di dalam masjid terdapat 8 buah tiang penyangga yang terbuat dari kayu jati. Di serambi masjid ada sebuah pintu gapura yang oleh masyarakat setempat disebut Lawang Kembar. Kata Gapura sendiri diambil dari bahasa arab Ghofuro yang artinya ampunan. Barang siapa yang memasuki pintu ini kemudian memeluk islam dan menjalankan ajaran agama dengan penuh keyakinan, insyaallah akan masuk surga.

Seperti apakah keunikan dari Masjid & Menara Kudus ini? Simak liputannya dalam bentuk video dibawah ini.


Demikianlah sejarah singkat tentang Masjid Al Manar yang memiliki arsitektur bergaya Jawa - Hindu. Semoga artikel sederhana ini menambah wawasan kita bersama bahwa sebuah toleransi akan membawa kesuksesan dalam berdakwah.
SHARE :

Tentang Saya

KAMU BISA..!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk memotivasi diri saya sendiri
2 Komentar untuk "Masjid Menara Kudus, Bukti Kejayaan Islam Masa Lampau"

Pada jaman dulu saja sudah ada yang namanya toleransi, kenapa sekarang ini toleransi menjadi barang langka di indonesia tercinta ini.

Ada satu pintu ghafuro di depan masjid Kudus yang bila seseorang masuk melewati pintu itu akan asor juritnya mas, pintu yang mana ya ?

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top