Makam Jati Kembar Dharmoyono Kayen Pati Jateng - Video Arsip Makam Jati Kembar Dharmoyono Kayen Pati Jateng - Video Arsip

Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

Makam Jati Kembar Dharmoyono Kayen Pati Jateng

Ajaib - Dua buah tetenger di makam keramat tumbuh hingga mencapai ketinggian beberapa meter. Pohon jati yang tumbuh diatas kuburan Ki Ageng Dharmoyono a.k.a Ki Gede Miyono seolah ingin mengamankan jasad beliau dari orang tak bertanggungg jawab atau binatang buas. Warga setempat biasa menyebut pusara tersebut dengan nama Makam Jati Kembar.

Menurut cerita sang juru kunci, Ki Ageng Damaryono merupakan seorang pendatang dari Tuban, Jawa Timur. Beliau datang ke Miyono yang dulu bernama Tohyaning untuk menyebarkan agama islam. Tohyaning sendiri diyakini sebagai pusat penyebaran agama hindu pada masa lampau. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa arca dari batu putih yang berbentuk Dewi Durga. Selain itu ditemukan juga bekas bangunan dari bata merah yang tersusun rapi tanpa perekat dengan ukuran yang relatif besar. Oleh masyarakat kayen, bangunan tersebut dinamakan Situs Candi Kayen.

Karena keberhasilan beliau dalam menyebarkan agama islam di Bumi Miyono, Ki Ageng Dhamaryono mendapat julukan Ki Anut. Maksudnya adalah sesepuh yang menjadi panutan rakyat setempat dalam menjalankan ajaran islam serta beribadah kepada Allah SWT. Salah satu ajaran Ki Gede Miyono yang terkenal hingga saat ini ialah Mlebu Metune Nafas Eling Allah (Keluar masuknya nafas ingat Allah)

Ki Gede Miyono sendiri merupakan paman dari Syekh Jangkung Saridin yang memiliki kesaktian yang luar biasa. Beliaulah yang mengasuh saridin dari kecil hingga tumbuh dewasa. Jadi jangan heran jika keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu menyebarkan agama islam di tanah jawa.

Makam Ki Ageng Dharmoyono berada di sebuah bangunan megah yang dijaga juru kunci. Beruntung saat saya datang kesana bertemu langsung dengan penjaga makam. Sehingga saya bisa leluasa berziarah dan mengabadikan momen indah berupa tetenger yang terbuat dari pohon jati yang berdiameter satu meter. Seperti apakah bentuk makam Ki Anut ini? Simak reportasenya dibawah ini dengan menekan tombol mainkan.


Demikianlah informasi singkat tentang Makam Keramat Jati Kembar Dhamaryono. Sudah semestinya generasi penerus berziarah dan mendoakannya bukan malah meminta-minta. Yakinlah bahwa orang yang sudah meninggal tidak akan bisa memberi syafaat sedikit pun.
SHARE :

Tentang Saya

KAMU BISA..!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk memotivasi diri saya sendiri
1 Komentar untuk "Makam Jati Kembar Dharmoyono Kayen Pati Jateng"

Mari kita doakan beliau agar ilmu yang beliau ajarkan menjadi amal jariyah baginya.

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top