Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

Makam Syekh Jangkung Landoh Saridin Kayen Pati Jawa Tengah

Tempat Objek Wisata Religi & Budaya Di Makam Saridin
Syekh Jangkung a.k.a Saridin adalah sebuah tokoh fenomenal dari Kabupaten Pati. Kesaktian yang ia miliki digunakan untuk kebaikan serta menyebarkan agama islam. Beliau ingin mengajarkan kepada generasi penerus bahwa kesaktian yang dianugerahkan Allah semestinya dipakai untuk menolong sesama bukan untuk menyombongkan diri.

Makam tokoh legendaris ini berada di Desa Landoh Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Setiap hari ada saja yang berziarah ke makam Syekh Jangkung tersebut. Ada yang hanya sekedar berwisata sejarah, namun banyak juga yang "Ngalap Berkah". Tujuan seperti inilah yang harus kita luruskan agar tidak terjerumus ke lembah kesyirikan.

Di depan makam Syekh Jangkung terdapat beberapa gentong yang berisi Air Tirto Usodo. Air itulah yang sering diminum dan dibawa pulang para pengalap berkah. Mereka meyakini bahwa dengan meminum air tersebut, mereka akan terhindar dari bahaya yang akan menimpanya. Selain itu mereka juga percaya bahwa dengan meneguk air tersebut, segala macam penyakit yang ada pada diri mereka akan sirna dengan segera.

Saya kira telah banyak yang tahu tentang kisah Saridin ini. Beliau adalah murid sunan kudus yang lugu namun unik. Saat menimba ilmu di pondok pesantren yang diasuh oleh sunan kudus, beliau selalu menunjukkan keluguannya. Sayangnya keluguan yang dimiliki oleh Saridin justru malah menunjukkan kesaktiannya. Karena hal inilah Saridin diusir dari pondok pesantren dan akhirnya bertemu dengan Sunan Kalijogo. Oleh sunan kalijaga, saridin didaulat menjadi murid dan mendapat julukan Syekh Jangkung.

Atas perintah sunan kaliga, Syekh Jangkung diutus untuk menyebarkan agama islam di Kadipaten Pesantenan. Kadipaten Pesantenan adalah nama kabupaten pati saat dipimpin oleh Adipati Kembangjoyo yang bergelar Wasis Joyokusumo. Beliau pertama kali mencoba untuk menyebarkan ajaran islam di Desa Miyono. Di Desa inilah beliau dituduh membunuh Branjung dan dijatuhi hukuman mati. Namun karena sakti mandraguna, syekh jangkung tidak mati dalam hukuman tersebut.

Haul syekh jangkung diperingati setiap tanggal 15-16 Rajab. Pada tanggal tersebut, makam Saridin dipadati oleh para peziarah yang memiliki beragam tujuan. Kalau tujuannya hanya berziarah dan mendoakan Wali Allah, hal ini sangat diperkenankan sekali. Tapi kalau tujuannya justru ngalap berkah, hal ini yang semestinya diluruskan oleh sang juru kunci atau pemuka agama.

Salah satu ajaran Syekh Jangkung Saridin yang terkenal adalah "Ojo njikuk nek gak dikongkon, ojo njaluk nek gak nggone." Maksud dari perkataan tersebut ialah jangan mengambil kalau nggak diperintah dan jangan meminta kalau bukan miliknya. Selain itu masih ada lagi ajaran saridin yang mirip ajaran kaum samin yaitu ojo jrengki, ojo srei, ojo tukar padu, ojo dahpen kemeren, ojo kutil jumput (Jangan dengki, jangan usil, jangan bertengkar, jangan iri, jangan mencuri)

Berkat jasa beliaulah agama islam berkembang pesat di wilayah kayen. Jadi jangan heran kalau setiap harinya banyak peziarah yang datang ke peristirahatan terakhir beliau dengan mendoakannya.

Seperti apakah bentuk Makam Syekh Jangkung Saridin saat ini? Simak reportasenya dibawah ini dengan menekan tombol play.



Bagi kawan-kawan yang kesulitan menonton video streaming diatas, langsung saja menuju channel youtube yang saya sediakan berikut https://youtu.be/FwJS70WxwK8

Demikianlah informasi singkat tentang Wisata Sejarah Di Makam Saridin yang fenomenal. Semoga artikel sederhana ini mengingatkan kita akan pentingnya menghargai jasa para pendahulu kita dengan senantiasa mendoakannya bukannya malah meminta-minta.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
1 Komentar untuk "Makam Syekh Jangkung Landoh Saridin Kayen Pati Jawa Tengah"

Seorang tokoh yang berjasa dalam sebuah wilayah pasti akan dikenang sepanjang masa.

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top