17 Tempat Wisata Di Blora Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan - Video Arsip 17 Tempat Wisata Di Blora Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan - Video Arsip

Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

17 Tempat Wisata Di Blora Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Video Arsip - Blora merupakan sebuah daerah di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pati pada bagian Barat Laut. Sedangkan pada bagian timur berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Timur. Wilayah yang kebanyakan dihuni oleh suku samin ini kebanyakan berupa dataran rendah dan perbukitan. Berdasarkan letak geografisnya, kabupaten blora berada di ketinggian 20 - 280 MDPL.

Penduduk Blora rata-rata berprofesi sebagai petani. Namun perekonomian terbesar terletak pada ekspor kayu jati yang memiliki kualitas terbaik. Selain sebagai pengekspor kayu jati dengan kualitas terbaik, Blora ternyata juga dikenal sebagai penghasil migas terbesar yang ada di Pulau Jawa. Untuk lokasi pengeborannya sendiri berada di kawasan Cepu.

Tidak cukup sampai disitu saja, daerah yang terkenal akan budayanya ini rupanya juga memiliki destinasi wisata menarik yang nggak kalah dengan wilayah di sekitarnya. Bahkan beberapa diantaranya masih alami dan belum tersentuh tangan pemerintah. Dan berikut 17 Daftar Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Blora yang dapat VideoArsip.com sajikan untuk anda.

1. Goa Terawang Todanan Blora


Goa yang ada di Blora ini memang berbeda dengan kebanyakan gua yang ada di Jawa Tengah. Keunikan yang bisa kita jumpai di goa terawang ini ialah kita bisa memandang langit dari dalam gua. Karena alasan inilah Goa yang dihuni oleh puluhan monyet liar ini dinamakan Goa Trawang. Goa yang terbentuk dari endapan batu gamping ini sering dijadikan sebagai tempat penelitian mahasiswa indonesia dan mancanegara. Tempat wisata Blora yang bersinergi dengan alam ini terletak di Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.

2. Waduk Bentolo Blora
Waduk Bentolo Blora mendadak ramai dikunjungi wisatawan setelah terekspose media. Waduk yang dulunya berfungsi sebagai irigasi persawahan ini sekarang memiliki fungsi lain yaitu sebagai Objek Wisata Murah yang dapat menghibur masyarakat. Lokasinya sendiri berdekatan dengan Gua Terawang dan Bumi Perkemahan Pancasona atau lebih tepatnya berada di Desa Tinapan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.

3. Waduk Tempuran Blora
Waduk Tempuran Blora juga memiliki fungsi ganda sama seperti Waduk Bentolo yaitu sebagai irigasi dan rekreasi warga. Namun waduk ini lebih sering digunakan sebagai wahana pembinaan atlet-atlet nasional yang hendak Go International. Bahkan saat ini waduk ini dipakai untuk budidaya ikan keramba. Jadi buat sahabat yang hobi mancing, waduk ini layak menjadi destinasi wisata untuk anda.

Di sekitar waduk tempuran juga telah berdiri warung lesehan yang siap mengocok perut anda. Adapun menu andalan yang ditawarkan untuk para wisatawan adalah ikan bakar yang mana ikannya diambil langsung dari waduk tempuran. Sembari mengisi perut yang keroncongan, anda bisa menikmati panorama yang indah di sekitar waduk. Waduk ini berlokasi di Desa Tempuran Kecamatan Blora Kabupaten Blora.

4. Waduk Greneng
Sektor pertanian di Blora memang menjadi mata pencaharian yang utama. Pasalnya selain dua waduk yang telah saya sebutkan diatas, masih ada satu lagi waduk yang tak kalah menarik yaitu Waduk Greneng. Sayangnya waduk greneng ini belum tersentuh tangan pemerintah. Jadi jangan heran kalau sahabat datang ke tempat wisata yang satu ini akan menjumpai pemandangan yang masih alami nan asri. Tempat wisata blora yang satu ini selalu ramai oleh warga yang sedang berwisata di akhir pekan. Waduk ini beralamat di Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora.

5. Gunung Manggir Blora
Gunung Manggir Blora merupakan wisata alam yang berada di pegunungan kapur. Gunung ini memiliki ketinggian 250 MDPL. Gunung ini menjadi tempat wisata favorit anak muda yang suka camping atau berkemah. Gunung ini terletak di Desa Ngumbul Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.

6. Lokomotif Wisata Cepu
Lokomotif wisata cepu ini dulunya merupakan lokomotif peninggalan zaman Belanda. Namun lokomotifnya sendiri merupakan bikinan Jerman. Pada zaman dahulu lokomotif ini digunakan sebagi transportasi untuk mengangkut pohon jati. Saat ini lokomotif tersebut dikelola oleh Perhutani KPH Cepu. Berhubung bahan bakar yang dipakai masih menggunakan kayu bakar, jangan heran kalau tiket untuk naik lokomotif ini cukup mahal. Namun harga yang mahal tersebut sepadan dengan pengalaman yang diberikan berupa naik lokomotif tua yang bersejarah dan mengesankan.

7. Water Splash Blora
Water Splash Blora merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga karena mengandung edukasi. Disana ada banyak sekali permainan anak yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran anak. Beberapa diantaranya meliputi patung binatang, ayunan dan prosotan serta mainan anak lainnya. Objek wisata ini beralamat di Desa Tempelan, Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora.

8. Monumen Hutan Jati Alam Blora
Blora yang dikenal sebagai penghasil jati kualitas dunia ternyata memiliki Monumen Hutan Jati yang fenomenal. Di monumen tersebut anda bisa menjumpai pohon jati berumur ratusan tahun yang memiliki diameter lebih dari 80 cm. Orang sekitar menamakan monumen ini dengan sebutan Gubug Payung. Gubug Payung ini saat ini dikelola oleh Perhutani KPH Cepu.

9. Pemandian Sayuran Blora
Pemandian yang dibangun pada Tahun 1900 ini dulunya merupakan objek wisata andalan yang menjadi primadona di mata wisatawan. Namun karena tidak adanya perawatan, tempat wisata tersebut saat ini menjadi terbengkalai dan mulai ditinggalkan wisatawan. Semoga pemerintah daerah segera mengambil tindakan untuk menyelamatkan aset bangsa yang sangat berharga ini. Tempat wisata ini berada di Desa Soko, Kecamatan Jepon Kabupaten Blora.

10. Agrowisata Temanjang Blora
Blora yang terkenal akan hutan jatinya yang lebat, kini mulai dikembangkan menjadi tempat wisata alam yang menarik. Salah satu objek wisata hasil pengembangan pemerintah ialah Agrowisata Temanjang Blora. Disana pengunjung bisa menikmati rimbunnya pohon serta menghirup udara yang sejuk. Yang unik dari tempat wisata ini ialah setiap malam Jum'at selalu diadakan upacara ritual. Tempat wisata unik ini berlokasi di Desa Temanjang, Blora.

11. Wisata Geologi Blora
Wisata Geologi Blora ialah sebuah wisata edukasi yang fokus dalam bidang ilmu perminyakan dan gas bumi. Disana wisatawan bisa melihat sumur-sumur bor yang biasa digunakan untuk mengambil minyak dan gas bumi dari jarak dekat. Jika anda beruntung, anda juga bisa melihat aktifitas warga yang mengambil minyak dari dalam perut bumi menggunakan tali dan timba.

12. Taman Budaya & Seni Tirtonadi
Taman Budaya Dan Seni Tirtonadi merupakan tempat wisata edukasi yang masih sering dikunjungi wisatawan hingga saat ini. Tempat rekreasi ini selalu ramai saat akhir pekan dan hari libur nasional. Tempat berlibur yang didirikan pada Tahun 1960 ini oleh masyarakat setempat sering disebut sebagai Kebun Binatang Taman Tirtonadi Blora karena banyaknya satwa yang ada disana.

Untuk lebih menarik minat wisatawan datang ke tempat wisata edukasi ini, pengelola menambah beberapa fasilitas seperti kios dalam taman, kolam renang dan permainan anak lainnya. Objek wisata ini beralamat di Jalan Sudirman Blora.

13. Gunung Pencu Blora
Wilayah yang kebanyakan dihuni oleh suku samin ini memiliki sebuah gunung yang unik yaitu Gunung Pencu. Gunung ini mungkin belum banyak dilirik wisatawan. Namun jangan anggap remeh tempat ini karena pemandangan yang akan anda dapatkan saat berada di puncak sangatlah menakjubkan. Anda bahkan bisa melihat Kabupaten Tuban Propinsi Jawa Timur dari atas Gunung Pencu ini. SUngguh menarik bukan? Jika anda tertarik ke tempat ini, anda bisa datang ke Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora.

14. Taman Seribu Lampu
Taman Seribu Lampu ini awalnya digunakan sebagai pemisah antara dua jalur yang berlawanan. Seiring berjalannya waktu, Pemkab Blora justru mengembangkan taman ini menjadi objek wisata seperti yang ada di Jalan Malioboro Jogjakarta. Saat siang hari, taman ini mungkin terlihat biasa-biasa saja. Namun saat malam hari, taman yang tampak biasa ini disulap menjadi wisata malam yang mengagumkan di Kota Blora.

Taman Seribu Lampu ini lokasinya terletak di sepanjang Jalan RSU. Wisatawan yang datang ke tempat ini akan dimanjakan dengan aneka kulliner yang siap disantap saat malam hari. Buat anda pecinta kulliner, tempat ini layak untuk anda kunjungi dan mencicipi wisata kulliner disana.

15. Dinding Purba Kalinanas
Awalnya saya mengira bahwa Dinding Purba Kalinanas ini berada di wilayah Kabupaten Rembang. Ternyata saya keliru akan hal ini karena faktanya Dinding Kalinanas ini masuk dalam Kawasan Blora. Lokasinya yang berada di perbatasan antara Blora dan Rembang memang membuat bingung sebagian wisatawan yang datang ke tempat ini. Pasalnya tempat wisata alam ini bisa ditembus dari Rembang maupun Blora.

16. Wisata Kulliner Soto Blora
Jika anda penikmat soto, anda sepertinya perlu mencoba soto blora yang benar-benar khas. Soto Blora memiliki perbedaan yang tidak dimiliki oleh soto pada umumnya yaitu ada tambahan potongan-potongan singkong yang sudah di kukuk. Orang sana menyebutnya dengan sebutan kletuk.

17. Wisata Kulliner Dumbeg
Dumbeg merupakan makanan khas blora yang hanya bisa anda temukan saat acara-acara sakral seperti sedekah bumi dan sepasar manten.

Demikianlah informasi wisata yang bisa saya sajikan untuk anda pada kesempatan kali ini. Jika anda masih kurang puas dengan objek wisata yang saya bahas diatas, anda masih bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang nggak jauh dari Kabupaten Blora seperti 17 Tempat Wisata Di Semarang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
3 Komentar untuk "17 Tempat Wisata Di Blora Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan"

Blora memang menawan dan bersinar

Noted, Mas. InsyaAllah saya pasti ke sana

Mbak susi ternyata hobi travelling juga ya?

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top