Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

23 Objek Wisata Di Boyolali Jawa Tengah Paling Banyak Diserbu Pengunjung

Tempat Wisata Di Boyolali Jawa Tengah - Boyolali merupakan sebuah kabupaten yang ada di Propinsi Jateng. Kota ini juga dikenal sebagai kota susu dikarenakan produksi susu di Boyolali adalah yang terbesar di Jawa Tengah. Selain penghasil susu sapi berkualitas, Boyolali ternyata juga menjadi salah satu penghasil sayuran yang berkualitas tinggi. Adapun daerah yang menghasilkan sayuran organik ialah kawasan Selo dan Cempago.

Selain dikenal sebagai produsen susu berkualitas, Boyolali ternyata memiliki tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Namun karena kurangnya informasi mengenai objek wisata terkenal yang ada di Boyolali, para traveller masih jarang yang datang ke kota yang memiliki slogan "Tersenyum" (Tertib, Elok, Rapi, Sehat, Nyaman untuk masyarakat) ini. Disinilah peran situs videoarsip.com berfungsi yaitu mengabarkan kepada anda tentang tempat wisata di boyolali terbaru sampai yang telah lama ada.

Destinasi wisata di Kota Boyolali juga cukup lengkap. Ada wisata air, wisata alam, wisata kulliner, wisata budaya hingga wisata sejarah. Semuanya bisa anda nikmati jika sahabat berkunjung kesana pada saat libur panjang. Dari beberapa referensi yang pernah saya baca, setidaknya ada 23 tempat wisata di boyolali dan sekitarnya yang wajib dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan.

Berikut 23 Daftar Objek Wisata Terkenal Di Boyolali Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan:

1. Air Terjun Kedung Kayang
Tempat wisata alam Boyolali yang pertama adalah Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini merupakan tempat wisata favorit yang paling terkenal di Kabupaten Boyolali. Kedung Kayang Waterfall ini memiliki keindahan yang luar biasa. Pemandangan di sekelilingnya juga masih asri dan alami. Air terjun ini terletak diantara dua gunung yaitu gunung merbabu dan gunung merapi. Air terjun ini menjadi rebutan anatara Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang karena letaknya yang berada tepat di perbatasan.

Air terjun kedung kayak dari Kabupaten Magelang berjarak sekitar 30 KM. Sedangkan dari Kabupaten Boyolali jaraknya kurang lebih sama yaitu 29 km. Selain bisa ditempuh dari dua kota tersebut, air terjun ini juga bisa ditempuh lewat yogyakarta. Hanya saja jaraknya lumayan jauh yaitu sekitar 55 KM. Fasilitas yang bisa anda nikmati disana antara lain penginapan atau homestay, warung makan serta area berkemah atau camping. Tempat rekreasi ini paling ramai dikunjungi saat libur nasional dan akhir pekan.

2. Pemandian Umbul Pengging
Tempat wisata air di boyolali selanjutnya yang tak kalah keren ialah Pemandian Umbul Pengging. Airnya yang sangat jernih akan membuat siapapun tak tahan untuk menceburkan diri kedalamnya. Bebatuan halus yang ada di dasar terlihat jelas karena kejernihan air yang ada disana. Pemandian Pengging ini lokasinya berada di Kecamatan Banyudono. Tempat ini bisa ditempuh sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Solo.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, pemandian pengging dulunya adalah tempat pemandian keluarga Keraton Kasunanan Solo. Di sekitar pemandian juga terdapat makam salah seorang keluarga kraton yaitu Raden Ngabehi Yosodipuro. Bekas-bekas bangunan peninggalan kasunanan Surakarta juga masih bisa kita jumpai disana. Jadi buat anda yang suka wisata alam sekaligus wisata sejarah, tempat ini sepertinya cocok untuk anda kunjungi.

3. Taman Air Tlatar
Tempat wisata terkenal berikutnya yang sangat indah adalah Taman Air Tlatar. Tempat berlibur ini lokasinya berada di Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Tempat wisata seru ini jaraknya sekitar 4 km dari pusat kota. Wahana permainan dan fasilitas yang ada disana juga sangat lengkap. Ada rumah makan lesehan, pemancingan, kios cinderamata, kolam renang anak dan dewasa, taman wisata air, lapangan woodball dan panggung hiburan setiap menjelang bulan puasa. Disana wisatawan juga bisa menikmati aneka sajian kulliner yang lezat sambil bermain air. Wahana baru yang juga bisa dinikmati pengunjung adalah becak air dan terapi ikan.

4. Treking Gunung Merbabu
Tempat wisata alam di boyolali yang tak kalah mengagumkan adalah Gunung Merbabu. Gunung ini sering dijadikan objek pendakian oleh para pendaki dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Meskipun ada begitu banyak jalur pendakian yang ditawarkan oleh gunung merbabu ini, namun yang paling mengesankan menurut para pendaki ialah jalur selo di Boyolali. Selain disuguhkan pemandangan yang indah, pendaki juga akan melewati padang sabana yang dipenuhi oleh bunga edelweis.

5. Candi Lawang
Wisata Boyolali yang bernuansa sejarah adalah Candi Lawang. Candi ini dikabarkan merupakan peninggalan Hindu pada abad Ke-9. Lokasinya sendiri berada di Dusun Gedangan Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah.

6. Candi Sari
Objek wisata di Kota Boyolali yang mempunyai nilai sejarah selanjutnya adalah Candi Sari. Candi ini juga terletak di Desa Gedangan sama seperti Candi Lawang. Candi yang berada diatas bukit dan bernuansa Hindu ini pertama kali ditemukan pada Tahun 1967. Candi ini dikelilingi oleh desa yang warganya masih memegang teguh agama nenek moyang. Adapun desa yang dimaksud adalah Candirejo, Candisari dan Josari.

7. Waduk Kedung Ombo
Anda tak perlu heran kalau waduk kedung ombo dimasukkan dalam daftar tempat wisata yang ada di Boyolali. Pasalnya waduk ini memang berada di tiga Kabupaten sekaligus yaitu Sragen, Grobogan dan Boyolali. Untuk yang masuk ke dalam wilayah Boyolali, waduk kedung ombo ini berada di Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Waduk ini jaraknya sekitar 50 km dari Pusat Kota Boyolali. Adapun fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan antara lain Bumi Perkemahan, Hutan Wisata, Tempat Pemancingan, Rumah Makan Apung dan Wisata Air menarik lainnya.

8. New Selo
Tempat wisata baru di boyolali yang menakjubkan selanjutnya adalah New Selo. Gardu Pandang New Selo merupakan icon yang paling mencolok di kompleks Taman Nasional Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. New selo sendiri merupakan titik awal pendakian jika ingin mendaki ke gunung merapi. Akses jalan menuju gardu ini sudah beraspal halus. Hanya saja jalannya cukup terjal dengan kemiringan hingga 80%. Dibutuhkan nyali tersendiri untuk bisa melaluinya dengan sepeda motor. Bagi wisatawan yang tidak cukup nyali, bisa memarkirkan kendaraannya di kompleks Joglo Mandala kemudian berjalan kaki menuju New Selo. Jika sahabat masih kuat berjalan, anda bisa melanjutkan pendakian ke gunung merapi.

9. Waduk Cengklik
Tak hanya waduk kedung ombo, Boyolali rupanya masih mempunyai waduk yang layak anda kunjungi yaitu Waduk Cengklik. Waduk ini perlu anda masukkan ke dalam daftar destinasi wisata jika anda berkunjung ke Boyolali. Waduk ini terletak di Desa Ngargorejo dan Sobokerto Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Dari Kota Boyolali jaraknya sekitar 20 KM ke arah Timur Laut. Waduk dengan luas 300 ha ini dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Fungsi utamanya ialah mengairi lahan pertanian seluas 1.578 ha. Namun saat ini waduk ini berkembang menjadi objek wisata menarik karena memiliki pemandangan sunset yang mengagumkan. Pada akhir pekan, waduk ini juga sering dipakai untuk latihan sky air.

10. Agro Wisata Sapi Perah Cepogo
Seperti kita ketahui bersama bahwa Boyolali merupakan daerah penghasil susu sapi terbesar di pulau jawa. Nah salah satu daerah yang bisa sahabat kunjungi untuk melihat proses pemerahan susu sapi secara langsung adalah Desa Cepogo. Wisatawan yang datang ke tempat ini diperkenankan untuk ikut memerah susu sapi dan menikmati susu segar di tempat tersebut. Sepertinya Agrowisata Sapi Perah ini sangat cocok untuk anda yang suka beternak sapi di rumah.

11. Waduk Bade
Selain dua waduk yang telah saya sebutkan diatas, Boyolali ternyata masih memiliki waduk lain yang nggak kalah keren yaitu Waduk Bade. Waduk ini lokasinya berada di Desa Bade Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Fasilitas pendukung yang bisa dinikmati pengunjung antara lain floating restaurant, water resort, fishing area, dan bird of competition area.

12. Wisata Kulliner Sambel Tumpang
Jika anda berkunjung ke Boyolali, tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi makanan khas Boyolali. Salah satu kulliner khas Boyolali yang cukup terkenal adalah "Sambel Tumpang". Sambel Tumpang ini dibuat dari tempe bosok yang sudah digiling halus. Adapun bumbu lain yang diikutkan dalam pembuatan sambel tumpang diantaranya kencur, daun jeruk dan tahu. Meskipun bahan utamanya dari tempe bosok, rasanya tidak tetap nikmat dan tak menyangka aroma yang ditimbulkan oleh tempe busuk benar-benar hilang.

Sambel tumpang ini cocok disantap saat pagi hari bersama nasi hangat yang masih pulen. Adapun lauk yang biasanya diikutsertakan dalam menu kulliner kali ini ialah telur dadar, tempe goreng, bakwan, rambak, kerupuk dan nasi goreng. Jika sahabat tertarik mencoba kulliner yang satu ini, anda bisa datang ke boyolali saat malam hari. Di sepanjang jalan banyak berdiri warung makan yang menjajakan menu sambel tumpang lengkap dengan lauknya.

13. Wisata Kuliner Marning Boyolali
Marning adalah sebuah cemilan yang terbuat dari jagung. Cara pembuatannya sendiri sangat sederhana. Jagung yang sudah direbus diberi bumbu kemudian digoreng sampai matang dan tercium aroma yang menggugah selera. Meskipun sederhana, banyak wisatawan yang menyukai makanan ini dan menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Boyolali. Varian rasa yang ditawarkan juga bermacam-macam. Ada rasa manis, pedas, presto, gepuk dan lain-lain. Pusat pembuatan cemilan marning berada di Desa Kiringan, Kebonbimo, Winong, Banaran, Metuk dan Kragilan.

14. Kampung Air Kragilan
Kampoeng Air Kragilan merupakan tempat wisata terindah di Boyolali. Objek wisata yang satu ini tak boleh anda lewatkan jika bertandang ke Boyolali. Tempat wisata ini lokasinya berada di Dukuh Watugenuk Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Desa wisata ini menawarkan pemandangan yang alami nan asri serta suasana alam yang sejuk tanpa adanya polusi kendaraan bermotor. Tempat rekreasi ini sangat cocok untuk berlibur bersama anggota keluarga. Fasilitas dan wahana permainan yang ada disana juga cukup lengkap. Ada waterbom, live music, saung bambu dan kantin.

15. Arjuna Wijaya


Anda pasti pernah mendengar kisah arjuna dalam pewayangan. Nah di tengah-tengah simpang lima boyolali terdapat patung Arjuna Wijaya yang menaiki kuda dengan gagahnya memegang gendewa dan panah. Patung Arjuna dengan 13 kuda tunggangnya yang berada di tengah alun-alun saat ini menjadi tempat nongkrong favorit anak muda Boyolali saat akhir pekan di malam minggu.

16. Air Terjun Semuncar
Tempat wisata air terjun di Boyolali selanjutnya adalah Air Terjun Semuncar. Lokasinya memang sedikit tersembunyi yaitu di Timur Lereng Gunung Merbabu. Secara geografis, air terjun ini masuk ke dalam wilayah Desa Candisari. Objek wisata ini masih dikelola sendiri oleh Pemuda Karang Taruna dan Pegiat Alam Desa Candisari. Untuk menuju air terjun semuncar, ada dua jalur yang bisa dilewati. Yang pertama melintasi area perkebunan warga dan yang kedua adalah melewati sungai cipendok. Jalur kedua ini cukup terjal dan dipenuhi bebatuan besar. Jika anda tidak siap dengan medan berat, sebaiknya memilih jalur yang pertama.

17. Brown Canyon
Tempat wisata menarik di Boyolali yang satu ini mungkin tidak cukup terkenal. Namun jika anda berada di Kragilan, tak ada salahnya mampir ke tempat ini untuk sekedar berfoto. Spot foto yang ditawarkan benar-benar indah dan menawan. Lokasinya sendiri berada di sebelah utara wisata kampoeng air kragilan.

18. Kampung Lele
Tatkala mendengar namanya, anda pasti membayangkan kalau di kampung tersebut banyak sekali ikan lele. Jika anda berpikir demikian, dugaan anda tepat sekali. Desa Tegalrejo, Mangkubumen, Kecamatan Sawit memang terkenal akan budidaya ikan lele sama seperti Kabupaten Pati. Di kampung lele anda bisa belajar cara budidaya ikan lele serta cara pengolahannya. Ikan lele bisa diolah menjadi aneka makanan seperti lele bakar, lele goreng dan abon lele.

19. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali
Tempat wisata sejarah berikutnya adalah Makam Ki Ageng Kebo Kenanga yang berada di Desa Pengging, Boyolali. Makam ini selalu ramai oleh wisatawan yang datang berziarah. Ki Ageng Kebo Kenanga sendiri merupakan keturunan raja majapahit yang melegenda. Karya yang ditorehkannya cukup banyak dan masih ada hingga sekarang.

20. Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali
Ki Ageng SIngoprono merupakan tokoh ternama yang sangat berjasa di Boyolali. Beliau di makamkan di Desa Nglembu, Boyolali. Makam ini juga selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berziarah dan mendoakan sang almarhum.

21. Masjid Cipto Mulyo Pengging Boyolali
Masjid ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan Raja Pakubuwono X. Arsitektur masjid benar-benar indah dan memukau karena menggunakan ornamen kayu. Masjid ini lokasinya berada di wisata air pengging.

22. Tirto Marto Pengging Boyolali
Tirto Marto Pengging Boyolali merupakan tempat pemandian keluarga keraton surakarta pada jaman dahulu. Namun saat ini tempat pemandian ini dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai objek wisata yang layak dikunjungi wisatawan.

23. Tikungan Irung Petruk
Tikungan Irung Petruk merupakan nama tikungan jalur wisata Borobudur-Selo-SOlo. Tikungan ini berada di Desa Genting Kecamatan Cepogo Kbupaten Boyolali. Tikungan ini dikenal tajam, sempit dan cukup berbahaya. Diatas tikungan ini dibuat arena bermain yang bisa menguji adrenalin yaitu flying fox yang panjangnya hingga 300 meter dengan ketinggian 25 meter. Pengendara yang lewat tikungan ini umumnya tertarik untuk mencoba wahana yang menantang tersebut. Hanya dengan membayar 30.000 saja, wisatawan bisa langsung mencoba permainan yang memacu adrenalin tersebut sambil melihat Tikungan Irung Petruk.

Demikianlah 23 Tempat Wisata Di Boyolali yang wajib anda kunjungi. Ajaklah kerabat anda berlibur bersama keluarga anda agar terjalin rasa kekeluargaan. Jika daftar wisata yang saya sajikan diatas tidak cukup memberi kepuasan kepada anda, anda bisa mengunjungi objek wisata di sekitarnya seperti 11 Objek Wisata Di Sragen Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
7 Komentar untuk "23 Objek Wisata Di Boyolali Jawa Tengah Paling Banyak Diserbu Pengunjung"

Boyolali memang bisa membuat wisatawan tersenyum.

Boyolali ...wah banyak juga destinasi wisatanya

Iya sob. Semuanya mampu memikat wisatawan untuk datang kesana.

baru ke patung lembu sura doang, lainnya belum pernah

Yang lainnya wajib anda jelajahi juga kawan kalau mau lebih mengenal tentang kabupaten boyolali :-)

wah banyak juga ya, keren nih patut dikunjungi

Wajib banget kak. Secara tempatnya keren-keren.

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top