Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

25 Tempat Wisata Di Jepara Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Video Arsip - Jepara merupakan sebuah kota ukir yang ada di Jawa Tengah. Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Pati, Kudus dan Demak. Berbeda dengan wilayah di sekitarnya yang hanya terdiri dari daratan dan lautan, Jepara ternyata juga memiliki sebuah pulau yang cukup terkenal dan menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Jepara. Pulau yang saya maksud adalah Pulau Panjang dan Pulau Karimunjawa.

Tapi tahukah anda bahwa selain 2 pulau diatas, masih ada objek wisata lain yang tak kalah menarik dan paling banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kira-kira dimana sajakah itu? Daripada pusing mikirin pertanyaan yang VideoArsip.com lontarkan, lebih baik langsung simak saja daftar tempat wisata paling banyak dikunjungi wisatawan di jepara berikut ini.

1. Pantai Bondo
Pantai Bondo di kalangan wisatawan lebih dikenal dengan sebutan Pantai Ombak Mati. Pantai ini terletak di Desa Bondo Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Dinamakan ombak mati karena di pantai ini nyaris tidak ada ombak. Sehingga wisatawan yang datang ke tempat ini bisa leluasa bermain air tanpa takut diterjang ombak.

2. Pantai Empu Rancak


Pantai Empu Rancak lokasinya berdekatan dengan Pantai Bondo. Wisata pantai ini cukup menarik karena adanya karang yang menonjol di sisi pantai. Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya mencari binatang laut sambil bercengkerama dengan keluarga. Anda tak perlu khawatir kelaparan jika berkunjung ke tempat ini karena di sepanjang pantai telah berdiri warung-warung tradisional yang menjajakan aneka makanan.

3. Pantai Bandengan a.k.a Pantai Tirto Samudro
Tempat wisata berikutnya yang nggak kalah mengagumkan adalah Pantai Bandengan. Oleh warga setempat pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Tirto Samudro. Tempat rekreasi ini selalu ramai oleh pengunjung khususnya saat akhir pekan. Lokasinya sendiri tak jauh dari pusat kota jepara yang hanya berjarak 7 km saja. Tempat wisata yang satu ini sering dijadikan sebagai tempat bermain motor cross, volley pantai hingga festival layang-layang baik skala regional maupun internasional.

4. Pantai Kartini Jepara



Jika anda ingin melihat kura-kura raksasa, maka Pantai Kartini Jepara adalah tempatnya. Di pantai tersebut memang terdapat sebuah bangunan berbentuk kura-kura berukuran besar dimana di dalamnya terdapat akuarium raksasa. Karena adanya bangunan inilah pantai kartini juga dinamakan Kura-Kura Ocean Park.
Tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata edukasi bersama keluarga tercinta. Disana kita bisa bermain komedi putar, mandi bola, naik perahu arus hingga wisata kulliner. Wisata kulliner yang sangat terkenal di tempat ini adalah Pindang Srani khas Jepara.

5. Benteng Portugis
Benteng Portugis merupakan wisata sejarah yang patut anda kunjungi. Bangunan ini menjadi cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Keunikan dari benteng ini ialah bangunannya yang berada di atas bukit dan langsung menghadap laut. Jadi wisatawan yang berada di tempat ini bisa leluasa melihat pemandangan yang menawan dari atas bukit. Objek wisata ini beralamat di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara.

6. Gua Manik Pecatu Park



Tempat wisata seru selanjutnya yang letaknya berdekatan dengan benteng portugis adalah Pantai Gua Manik Pecatu Park. Sunrise di tempat ini benar-benar memukau dan membuat wisatawan betah berlama-lama disana. Objek wisata ini sering dijadikan tempat nongkrong sekaligus tempat ketemuan warga jepara. Suasananya yang masih asri dan alami sangat mendukung sekali untuk ketemuan sambil berwisata. Objek wisata ini lokasinya terletak di Desa Banyumanik Kabupaten Jepara.

7. Taman Nasional Karimun Jawa
Tempat wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga para netizen. Tempat wisata ini terkenal akan keindahan alamnya terutama alam bawah lautnya. Taman nasional ini jaraknya sekitar 83 km barat laut dari pusat kota jepara. Untuk sampai kesana kita bisa menggunakan perahu wisata yang disediakan oleh pemerintah kabupaten jepara.

Taman Nasional Karimun Jawa ini menjadi cagar alam laut yang dilindungi pemerintah. Cagar alam ini memiliki luas sekitar 107.225 ha. Ada begitu banyak biota laut yang menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Di taman ini juga terdapat 100 jenis karang keras, 250 ikan hias dan 150 genera akuatik. Bagi pecinta snorkeling, karimunjawa merupakan surga bawah laut yang menakjubkan.

Selain pemandangannya yang eksotis, tempat wisata ini juga menyediakan permainan yang bisa dinikmati para wisatawan. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa memancing, berenang, naik perahu karet, berjemur atau sekedar berjalan-jalan di bibir pantai. Pokoknya anda bakalan puas jika berlibur ke tempat rekreasi yang satu ini.

8. Pulau Panjang
Objek wisata di jepara yang selanjutnya adalah pulau panjang. Pulau ini letaknya tak jauh dari Pantai Kartini yang cukup terkenal di Jepara. Jaraknya sekitar 2,5 KM dan bisa ditempauh dengan kendaraan laut seperti perahu wisata. Yang unik dari pulau panjang adalah adanya laut dangkal di sekelilingnya sehingga terumbu karang yang ada bisa sangat jelas terlihat. Di pulau ini anda bebas bermain pasir putih, berenang dan snorkeling. Pulau panjang ini luasnya sekitar 19 ha. Anda tertarik berkunjung ke tempat ini? Sebaiknya iya dan segera masukkan ke dalam daftar tempat wisata anda berikutnya.

9. Pertapaan Ratu Kalinyamat Jepara
Jika anda suka dunia mistis, tempat pertapaan ratu kalinyamat sepertinya cocok untuk wisata anda. Disana ada sebuah kolam kecil yang konon kabarnya pada zaman dahulu sering digunakan ratu kalinyamat untuk mandi. Menurut kabar burung yang beredar di masyarakat, gadis yang mandi di tempat tersebut akan senantiasa terlihat cantik meskipun usianya sudah tua. Dengan kata lain ia akan awet muda. Benar dan tidaknya saya sendiri tidak tahu. Tempat bertapa ini berada di Desa Tulakan Kabupaten Jepara.

10. Museum R.A Kartini
Jepara merupakan kota kelahiran Raden Ajeng Kartini. Jadi jangan heran kalau ada Museum R.A Kartini di kabupaten Jepara. Di museum tersebut anda bisa melihat kerangka ikan raksasa "Joko Tuo" sepanjang 16 meter. Museum ini terletak di sebelah utara alun-alun kota jepara. Tiket masuknya juga lumayan murah yaitu 3000 rupiah per orang saat akhir pekan.

11. Air Terjun Songgo Langit
Jika anda seorang pecinta alam atau anggota wana bakti, air terjun songgo langit mungkin cocok untuk wisata anda. Wisata alam ini berada di Desa Bucu Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Dan yang unik dari air terjun songgolangit adalah adanya air terjun lain yang terbentuk karena terbelah oleh batu besar yang ada diatas tebing.

Meskipun sangat indah dan menggoda, wisatawan dilarang mandi dibawah air terjun secara langsung karena sangat berbahaya. Para pelancong hanya diperbolehkan mandi di sungai yang dialiri air dari air terjun songgo langit tersebut. Yang jelas objek wisata ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dari tempat wisata lainnya yang ada di daerah jepara.

12. Teluk Awur Jepara
Satu lagi wisata pantai yang bisa anda jumpai di wilayah jepara. Pantai yang saya maksud adalah Teluk Awur Jepara. Pantai jaraknya sekitar 5 km dari pusat kota jepara. Pengunjung yang datang ke tempat ini umumnya bermain air, berenang, bermain pasir dan berjemur dibawah terik matahari.

13. Wisata Kulliner Pantai Pungkruk Jepara
Ketika anda mendengar kata Pungkruk, saya yakin yang terbayang di pikiran anda adalah sebuah karaoke yang ada di kabupaten jepara. Memang benar dulunya tempat ini adalah pusatnya karaoke di wilayah jepara. Namun saat ini tempat ini telah berubah menjadi tempat wisata pantai yang menyajikan aneka kulliner khas jepara. Meskipun telah bertransformasi menjadi tempat wisata kulliner, area untuk bernyanyi tetap disediakan untuk menghibur wisatawan yang berlibur ke tempat ini. Objek wisata ini jaraknya sekitar 2 km dari pantai bandengan.

14. Pulau Mandalika Jepara
Jepara sepertinya memang sebuah kota kepulauan yang ada di Jawa Tengah. Selain pulau panjang dan karimunjawa, masih ada satu lagi pulau yang menawan yaitu Pulau Mandalika. Pulau ini menjadi lokasi memancing favorit para mancing mania yang ada di Jepara dan sekitarnya. Jenis ikan yang hidup di perairan mandalika antara lain ikan kerapu, ikan pari, ikan sembilang dan kakap putih. Selain itu anda juga bisa melihat tanaman endemik di pulau mandalika yaitu "Nongko Celeng". Tanaman ini mempunyai buah yang tumbuh dari dalam tanah.

15. Objek Wisata Danau Blingoh Jepara
Danau Blingoh terbentuk karena aktifitas penambangan batu putih pada zaman dahulu. Karena tidak di reklamasi, bekas galian akhirnya digenangi air dan membentuk sebuah danau. Danau ini tampak indah jika dilihat dari atas bukit. Danau ini berada di Desa Blingoh Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara.

16. Objek Wisata Religi Masjid Mantingan
Masjid Mantingan merupakan masjid kuni yang dibangun pada pasa pemerintahan kesultanan demak. Masjid ini lantainya terbuat dari ubin yang didatangkan langsung dari tiongkok. Dindingnya berhiaskan piring tembikar bergambar biru. Pada dinding sebelah imam dan khatib dihiasi relief persegi bergambar margasatwa dan penari yang diukir pada batu cadas kuning tua. Pembangunan masjid ini diawasi langsung oleh Babah Liem Mo Han.

17. Air Terjun Grinjingan Dowo
Selain air terjun songgo langit, Jepara ternyata masih memiliki wisata alam lainnya yaitu air terjun grinjingan dowo. Air terjun ini berada di Desa Dudakawu Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Medan yang harus dilalui untuk sampai ke tempat ini lumayan berat karena harus melewati jalan yang terjal. Pemda setempat rupanya belum melirik tempat ini untuk dijadikan objek wisata. Jadi jangan heran kalau pemandangan di wilayah ini masih asri alias masih perawan.

18. Air Terjun Jurang Nganten
Air terjun selanjutnya yang masih berada di kawasan jepara ialah Air Terjun Jurang Nganten. Menurut berita yang beredar di masyarakat, pasangan yang sudah menikah tidak boleh datang ke tempat ini karena akan berakibat rumah tangga hancur berantakan dan berakhir dengan perceraian. Namun sebagai manusia yang beriman, anda tidak boleh percaya dengan hal ini. Menurut analisa saya mitos tersebut sengaja disebarkan ke masyarakat agar air terjun jurang nganten tetap lestari dan tidak rusak oleh tangan-tangan tak bertanggungjawab. Air terjun ini berlokasi di Desa Blingoh Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara.

19. Goa Tritip
Goa Tritip ini konon kabarnya pada jaman dahulu sering dijadikan sebagai tempat bertapa. Berhubung sudah banyak yang mengetahui tempat ini, gua ini sudah tidak digunakan lagi untuk bersemedi. Namun aktifitas seperti memberi sesajen masih dilakukan warga sekitar yang percaya dengan kekuatan mistis yang ada dalam goa tersebut.

20. Wisata Sejarah Candi Bubrah
Siapa yang menyangka bahwa kota jepara memiliki sebuah candi. Candi yang ada di wilayah jepara ini merupakan peninggalan masa lampau dan berlokasi di Desa Tempur.

21. Tiara Park Waterbom
Jika di pantai kartini anda akan berjumpa dengan kura-kura raksasa, maka di Tiara Park Waterboom sahabat akan bertemu dengan iguana raksasa. Tempat ini menjadi objek wisata favorit keluarga karena ada begitu banyak permainan yang ditawarkan oleh Tiara Park. Adapun permainan dan wahana yang bisa anda nikmati disana antara lain Kolam Arus, Ember Byur, Kolam Balita, Mandi Bola, Kolam Renang, ATV Arena, Flying Fox, Water Ball, Bungge Trampoline, Kereta Wisata, Crazy Ball dan Mini Zoo. Tempat wisata menarik ini beralamat di Jalan Kenari, Purwogond - Kalinyamatan, Jepara.

22. Gong Perdamaian
Gong Perdamaian adalah sebuah gong berukuran raksasa yang bergambar bendera dari seluruh dunia. Gong ini menjadi simbol perdamaian bangsa-bangsa di asia tenggara. Gong ini memiliki aura mistis yang sangat kuat. Ini terbukti dengan bersuaranya gong perdamaian pada malam tertentu padahal tidak ada yang memukulnya.

23. Air Terjun Kedung Paso
Air Terjun Kedung Paso a.k.a Dung Paso adalah sebuah air terjun yang ada di lereng muria. Air terjun ini lokasinya berada di Desa Somosari Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Tempat ini mendadak ramai setelah ada beberapa netizen yang mengunggah foto mereka di facebook, twitter dan instagram.

24. Hutan Setro Batealit
Hutan Setro Batealit merupakan sebuah tempat wisata alam yang sering digunakan untuk hiking dan camping. Namun belakangan ini hutan ini justru sering dijadikan tempat prewedding pasangan yang hendak menikah. untuk menuju tempat ini kita bisa naik sepeda motor atau kendaraan pribadi.

25. Jepara Ocean Park
Rekomendasi tempat wisata selanjutnya dan baru diresmikan beberapa bulan yang lalu adalah Jepara Ourland Park. Wahana hiburan ini diklaim sebagai waterpark terbesar di Jawa Tengah. Wahana yang bisa kita nikmati disana diantaranya seluncuran dengan ketinggian yang lumayan serta berliku-liku, banana boat, jet ski dan waterspot.

Tempat wisata keren ini jaraknya sekitar 6 km dari pusat kota jepara. Tiket masuknya pada hari biasa sebesar 60.000 per orang sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 70.000 per orang. Harga yang fantastis dan sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Jika anda kelelahan saat bermain dan merasa lapar, tempat rekreasi ini juga menyediakan wisata kulliner yang bisa anda nikmati bersama keluarga. Salah satu resto terkenal dan berada di kawasan JOP ialah Dapur Laut Resto. Aneka makanan seafood bisa anda temukan disana.

Demikianlah informasi tentang 25 Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Di Jepara yang bisa VideoArsip.com sampaikan untuk anda. Anda mungkin masih kurang puas dengan artikel diatas dan ingin mengunjungi tempat wisata seru lainnya seperti 17 Tempat Wisata Di Rembang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
5 Komentar untuk "25 Tempat Wisata Di Jepara Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan"

Tempat wisata di kabupaten jepara memang menakjubkan dan memukau.

wah banyak juga ya tempat yg bisa dikunjungi

Betul sekali mbak Tira Soekardi. Bahkan masih ada yang belum terkespose karena medannya yang sulit dilalui :-)

Waktu ke Jepara nyesel aku mbak nggak ke pulau panjang... Kenapa coba? Anakku nggak berani naik perahu. Takut tenggelam katanya😊

Wah sayang sekali kak. Nanti kalau sudah agak gede, ajak lagi aja ke Pulau Panjang kak. Siapa tahu sudah nggak takut lagi naik perahu :-)

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top