11 Tempat Wisata Di Demak Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan - Video Arsip 11 Tempat Wisata Di Demak Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan - Video Arsip

Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

11 Tempat Wisata Di Demak Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Video Arsip - Demak merupakan kota wali yang banyak memiliki destinasi wisata khususnya wisata religi. Kota ini terletak di pesisir utara pulau jawa ini masuk dalam wilayah Propinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan langsung dengan Kota Semarang, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara. Kultur budayanya juga sama persis dengan daerah yang ada di sekelilingnya. Bertani dan bercocok tanam merupakan aktifitas wajib penduduk lokal. Karena keuletan warganya dalam bidang pertanian, Kota Demak menjadi lumbung padi yang mensuplai kebutuhan pokok daerah di sekitarnya.

Kembali ke topik utama mengenai objek wisata yang ada di Kabupaten Demak. Dari informasi yang saya dapatkan, setidaknya ada lebih dari 11 tempat wisata seru yang bisa kita nikmati di kota demak. Objek wisatanya pun beraneka ragam. Ada wisata religi, wisata alam hingga wisata budaya.

Berikut Daftar 11 Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Kota Demak:

1. Masjid Agung Demak


Objek wisata yang pertama yang kental akan nuansa sejarah ialah Masjid Agung Demak. Masjid ini merupakan peninggalan wali songo dan sultan fatahillah. Usia Masjid Agung Demak sendiri sudah mencapai 500 tahun. Bentuk bangunan masjid ini terbilang unik dan memiliki filosofi yang sangat mendalam. Kita ambil contoh bentuk atapnya yang terdiri dari 3 tingkatan. Pesan tersirat dari bangunan atap itu ialah kita wajib bersyukur karena diberi nikmat islam, iman dan ihsan.

Tak hanya itu saja, 4 buah tiang penyangga yang berada di dalam Masjid Agung Demak juga dibuat langsung para wali. Sedangkan 8 tiang penyangga yang berada di serambi masjid merupakan pemberian dari Raja Majapahit. Desain Masjid Agung Demak telah menjadi inspirasi masjid-masjid lain yang ada di indonesia. Masjid ini lokasinya berada di sebelah alun-alun Kabupaten Demak.

2. Museum Masjid Agung Demak
Selain bentuknya yang unik dan artistik, Masjid Agung Demak ternyata juga memiliki sebuah museum. Museum ini berisi benda-benda bersejarah di masa kewalian seperti bedhug, beberapa kitab islam yang ditulis langsung oleh wali, gentong yang terbuat dari campa, serta miniatur masjid yang masih terawat hingga sekarang. Museum ini lokasinya berada dalam satu kompleks Masjid Agung Demak.

3. Makam Sunan Kalijaga (Sunan Kalijogo)
Sunan Kalijaga a.k.a Sunan Kalijogo merupakan salah seorang wali yang menyebarkan agama islam lewat seni dan budaya. Salah satu kesenian peninggalan sunan kalijogo yang masih dilestarikan hingga saat ini ialah seni wayang kulit. Kesenian ini mengajarkan nilai-nilai islam lewat tokoh dan cerita yang dibawakan sang dalang. Makam sunan kalijaga sendiri beralamat di Desa Kadilangu yang berjarak sekitar 4 km dari Masjid Agung Demak.

4. Pantai Morosari Demak
Kota yang berbatasan langsung dengan propinsi semarang ini rupanya juga memiliki objek wisata pantai yang memukau. Pantai yang saya maksud adalah Pantai Morosari Demak. Saat hari raya idul fitri, di pantai morosari ini sering diadakan lomba perahu dayung dan sedekah laut. Orang setempat menyebutnya dengan istilah syawalan atau loman.

5. Hutan Mangrove Morosari Sayung Demak
Demak yang dikenal sebagai kota wali ternyata memiliki wisata alam yang begitu indah dan menarik untuk dikunjungi yaitu Hutan Mangrove Morosari Demak. Saat pertama kali berkunjung kesana, anda akan disambut rindangnya pohon bakau yang tumbuh di pesisir pantai. Selain menikmati pemandangan hutan bakau yang menawan, wisatawan juga bisa melihat sunset yang mengagumkan. Hutan Bakau Morosari ini beralamat di Desa Bendono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.

6. Sentra Kerajian Batik Kabupaten Demak
Sepertinya wajar jika UNESCO menetapkan bahwa Batik adalah warisan budaya yang berasal dari indonesia. Ini terbukti dengan banyaknya daerah penghasil batik di indonesia. Salah satu daerah penghasil batik selain pekalongan adalah kota demak. Motif yang dihasilkan jelas berbeda dengan batik asli pekalongan. Batik tulis dari demak rata-rata bermotif elemen masjid agung demak. Jika anda berlibur ke demak, tak ada salahnya membeli batik khas demak sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk kerabat di rumah.

7. Sentra Kerajinan Kaligrafi
Menyandang julukan sebagai kota wali, tak heran kalau di demak banyak sekali pengrajin kaligrafi yang menjual karyanya di sekitar Masjid Agung Demak. Bagi wisatawan yang ingin melihat proses pembuatan kaligrafi juga dipersilakan. Kaligrafi yang berasal dari pengrajin demak terkenal akan kualitas dan keindahannya.

8. Sentra Kerajinan Rebana
Selain kaligrafi demak juga dikenal sebagai penghasil rebana. Rebana adalah sebuah alat musik yang dipakai untuk mengiringi sholawat. Salah satu lagu sholawat yang sangat merdu tatkala diiringi rebana ialah Ya Asyiqol Musthofa. Alat musik ini konon kabarnya berasal dari timur tengah. Karena seringnya dipakai dalam acara keagamaan, alat musik ini seakan sudah mendarah daging di kalangan warga muslim termasuk penduduk indonesia.

9. Agrowisata Belimbing Demak & Jambu Merah Delima
Jika Kabupaten Pati memiliki agrowisata kebun jollong sebagai penghasil kopi berkualitas, maka Demak mempunyai Agrowisata Jambu Merah Delima & Belimbing Demak yang sangat tersohor. Hasil bumi dari agrowisata tersebut tidak diragukan lagi kualitasnya. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi buah khas demak, mereka bisa datang ke Desa Betokan, Mranak, Sidomulyo, Wonosari dan Tempuran.

10. Grebek Pasar Di Kota Demak
Jika sahabat bertandang ke kota ini pada Bulan Dzulhijjah atau Bulan Haji, maka anda akan menjumpai sebuah tradisi grebek pasar yang diselenggarakan di Pusat Kota Demak. Grebek pasar tersebut puncaknya terjadi pada malam hari raya idul adha. Pada malam hari raya tersebut biasanya ada acara arak-arakan tumpeng songo yang dimulai dari Pendopo Kabupaten Demak menuju Masjid Agung Demak. Tumpeng songo ini nantinya akan dimakan rame-rame setelah acara pengajian.

11. Brown Canyon Demak
Tak ada yang mengira bahwa Demak mempunyai wisata alam yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Tempat tersebut dulunya merupakan area pertambangan yang menghasilkan pemasukan yang luar biasa. Namun saat ini lokasi tersebut beralih fungsi menjadi tempat wisata yang unik dan menarik. Bekas galian karena aktifitas penambangan sekarang digenangi air laksana danau buatan. Bukit yang berada di dekatnya turut memperindah tempat ini. Bagi pengunjung yang ingin mampir ke tempat ini bisa datang ke Desa Kobanbatur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Demikianlah informasi singkat dan padat mengenai 11 Tempat Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Demak yang bisa saya bagikan untuk para traveller di indonesia. Jika daftar wisata yang saya sajikan diatas kurang memuaskan, sahabat bisa membaca artikel wisata lainnya yang tak kalah menarik seperti 17 Tempat Wisata Di Blora Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
3 Komentar untuk "11 Tempat Wisata Di Demak Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan"

Demak merupakan kota wali yang memiliki banyak tempat wisata.

Wah lagi pengen explore Demak nich Recomended banget 👍

Pas banget kalau begitu mbak. Di Demak juga banyak objek wisatanya :-)

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top