Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

17 Tempat Wisata Di Semarang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Video Arsip - Semarang merupakan sebuah kota metropolitan terbesar yang ada di Jawa Tengah. Statusnya yang  sebagai ibu kota Propinsi Jawa Tengah menjadi nilai plus tersendiri bagi kota yang memiliki bandara bernama Achmad Yani ini. Terlepas dari itu semua, Semarang memang mempunyai destinasi wisata menarik yang layak untuk anda kunjungi. Beragam wisata tersaji disana lengkap dengan fasilitasnya. Ada wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata buatan yang siap memanjakan diri anda.

Berikut 17 Daftar Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Di Semarang Jawa Tengah:

1. Objek Wisata Goa Kreo & Waduk Jatibarang


Gua Kreo & Waduk Jatibarang merupakan tempat wisata seru yang berada dalam satu kawasan. Objek wisata menarik ini dikelola oleh Pemda Kota Semarang. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan terutama saat akhir pekan dan libur nasional. Di goa kreo kita bisa bertemu monyet-monyet liar yang sedikit agak jinak karena seringnya bertemu manusia. Meskipun terlihat jinak, pengunjung disarankan agar tetap berhati-hati terutama saat memberi makan kacang atau pisang.

Jika anda bosan dengan bentuk goa yang begitu-begitu saja, anda bisa mencoba naik speed boat di bendungan yang dikenal dengan sebutan Waduk Jatibarang. Meskipun masih berada dalam satu kawasan tempat wisata, loket masuk ke waduk buatan ini terpisah dengan gua kreo. Berdasarkan keterangan pemerintah daerah kota semarang, hal ini dimaksudkan agar wisatawan tidak terfokus pada objek wisata. Selain menambah pemasukan tentunya.

2. Masjid Agung Jawa Tengah
Seperti kita ketahui bersama bahwa setiap kota di Jawa Tengah pasti mempunyai masjid agung yang berada di dekat alun-alun. Namun berbeda dengan Masjid Agung yang ada di kota semarang. Masjid Agung Jateng justru terletak jauh dari Simpang 5 Semarang. Salah satu keunikan Masjid Agung Jawa Tengah adalah adanya atap yang bisa dilipat seperti yang ada di mekkah dan madinah. Teknologi yang digunakan juga sama persis. Jika beruntung, anda akan bertemu dengan momen-momen saat pembukaan atap atau penutupan atap.

Selain atap yang bisa dikondisikan berdasarkan cuaca yang terjadi pada saat itu, Masjid Agung Jateng ternyata memiliki museum yang berada di lantai 2 dan lantai 3. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah saat penyebaran agama islam di Jawa Tengah. Masjid yang memiliki luas 7.500 meter persegi ini mampu menampung 16.000 jamaah. Tak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Jawa Tengah tanpa mengunjungi salah satu icon Kota Semarang yang satu ini.

3. Klenteng Sam Poo Kong


Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat ibadah agama katolik yang cukup fenomenal di kota semarang. Klenteng ini juga menjadi salah satu icon utama di semarang. Menurut sejarah, tempat ini dulunya merupakan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho yang beragama islam. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan muslim untuk datang ke tempat ini. Mereka bisa refreshing sembari belajar sejarah masa lampau. Dan yang unik dari klenteng ini ialah adanya musholla yang diperuntukkan bagi wisatawan muslim yang hendak menunaikan ibadah sholat. Sungguh bentuk toleransi umat beragama yang bagus.

4. Lawang Sewu
Selain tiga tempat wisata diatas, masih ada satu lagi icon yang identik dengan kota semarang yaitu Lawang Sewu. Lawang sewu merupakan objek wisata yang terkenal hingga ke mancanegara. Gedung bersejarah ini dibangun pada Tahun 1904 oleh pemerintah kolonial Belanda. Dulunya gedung ini berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Setelah merdeka gedung ini juga masih berfungsi sebagai kantor kereta api dibawah naungan PT. Kereta Api Indonesia yang dulu bernama DKARI.

Meskipun bernama lawang sewu, pintu yang ada di gedung tua ini sebenarnya tidak mencapai angka seribu. Nama lawang sewu sendiri dipakai untuk mempermudah dalam pengucapan dan diingat oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Ketika pertama kali memasuki bangunan bersejarah ini, anda pasti akan merasakan aura mistis yang ada di dalamnya. Karena besarnya aura mistis inilah, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat uji nyali atau uji keberanian.

5. Vihara Buddhagaya Watugong
Vihara Buddhagaya Watugong di kalangan masyarakat umum lebih dikenal dengan sebutan Pagoda Buddhagaya. Pagoda ini dinyatakan MURI sebagai pagoda tertinggi yang ada di indonesia. Bangunan unik ini sendiri baru diresmikan pada Tahun 2006 yang lalu. Tempat ini layak menjadi destinasi wisata anda karena memiliki arsitektur serta view yang menarik. Pagoda yang paling terkenal di vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara a.k.a Pagoda Metakaruna.

6. Candi Gedung Songo
Dinamakan candi gedung songo karena disana terdapat sembilan buah candi yang dalam bahasa jawa disebut songo. Candi ini terletak di lereng gunung ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl. Menurut sejarah candi ini dibangun pada abad Ke-9 Masehi. Karena berada di ketinggian yang terbilang lumayan, jadi jangan heran kalau udaranya begitu sejuk serta memiliki panorama yang menakjubkan.

7. Umbul Sidomukti Semarang
Umbul Sidomukti merupakan objek wisata alam yang ada di pegunungan semarang. Yang menarik dari tempat ini ialah adanya 4 buah kolam bertingkat dengan air yang sangat jernih dengan kedalaman yang bervariasi. Wisatawan bebas berenang di kedalaman yang mereka inginkan. Selain kolam renang bertingkat, masih ada wahana lain yang bisa sobat nikmati disana diantaranya flying fox, rapelin, marine bridge dan permainan lainnya yang tak kalah seru dan menantang. Umbul sidomukti ini berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Sudah terbayang kan bagaimana sejuknya bermain dan berenang disana?

8. Pantai Maron
Sama seperti dengan daerah di sekitarnya, semarang ternyata juga mempunyai wisata pantai yang tak kalah asyik dan seru. Salah satu pantai di semarang yang menjadi destinasi wisata adalah Pantai Maron. Menurut keterangan warga setempat, kata maron merupakan singkatan dari Marina Kulon. Untuk mempermudah dalam penyebutan nama, maka disingkatlah maron untuk membedakan dengan Pantai Marina. Pantai Maron ini selalu ramai oleh pengunjung terutama saat libur nasional dan akhir pekan. Di pantai ini anda bisa menikmati indahnya panorama yang mengagumkan dari pesisir pantai.

9. Pantai Marina
Pantai Marina merupakan salah satu pantai paling eksotis di semarang. Di pantai ini anda bisa melihat matahari tenggelam yang sangat mengagumkan. Jika anda ingin berwisata kesini, saya sarankan agar pada musim kemarau saja. Soalnya kalau musim hujan, air laut disini berwarna kecoklatan karena pantai ini menjadi muara banjir kanal barat. Sebelum reklamasi, pantai ini dulunya merupakan hutan bakau yang indah.

10. Pantai Tirang
Wisata pantai selanjutnya yang tak kalah keren dan menyedot minat wisatawan adalah Pantai Tirang. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Maron. Jadi jika dan berlibur ke pantai maron, tak ada salahnya mampir pula ke Pantai Tirang. Di pantai ini anda bisa melihat aktifitas nelayan yang sedang membudidayakan rumput laut. Tempat ini sangat cocok menjadi wisata keluarga karena disana banyak terdapat terumbu karang dan pohon mangrove. Ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga sangat aman untuk anak-anak yang ingin bermain di pesisir pantai.

11. Air Terjun Kali Pancur
Selain wisata pantai yang eksotis, semarang ternyata juga mempunyai wisata alam berupa air terjun yang tak kalah keren dengan wilayah di sekitarnya seperti grobogan, pati, kudus dan jepara. Objek wisata alam yang kami maksud adalah Air Terjun Kalipancur. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 150 meter. Untuk melihat pesona air terjun kalipancur dari jarak dekat, anda harus sedikit berjuang untuk menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 900. Jadi jika tempat ini adalah destinasi wisata anda selanjutnya, pastikan fisik anda dalam keadaan sehat karena untuk meniti anak tangga yang ada dibutuhkan fisik yang benar-benar prima. Objek wisata ini juga sering dijadikan tempat untuk panjang tebing oleh komunitas climbing.

12. Kampoeng Wisata Taman Lele
Kampoeng Wisata Taman Lele merupakan tempat wisata edukasi serta tempat wisata keluarga yang menyenangkan. Objek wisata yang memiliki luas hingga 2 hektar ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap diantaranya kolam renang, taman bermain anak, danau buatan, kebun binatang, penginapan, gazebo, tempat pertunjukan dan lain sebagainya. Jadi jika anda ingin bersenang-senang dengan keluarga, anda wajib memasukkan tempat ini ke daftar tempat wisata anda.

13. Taman Rekreasi Wonderia
Wisata Taman selanjutnya yang tak kalah keren dengan taman lele adalah Taman Rekreasi Wonderia. Taman ini menjadi tempat wisata favorit karena memiliki fasilitas dan permainan yang cukup lengkap. Permainan yang bisa anda coba disana antara lain Merry Go Round, Kiddy Boat, Super Rally, Boom Boom Car, Typhoon Coaster, Spae Gyro dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk anda yang suka dengan dunia mistis, taman rekreasi wonderia juga menyediakan Rumah Hantu untuk menguji keberanian para wisatawan. Dengan fasilitas yang terbilang lengkap, tempat ini sangat kami rekomendasikan untuk tempat wisata keluarga.

14. Simpang 5 Semarang
Ada pepatah yang mengatakan anda belum ke semarang jika belum melihat simpang lima. Simpang 5 merupakan icon kota semarang yang cukup terkenal. Tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto yang menawan. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati indahnya alun-alun kota semarang ini. Gemerlap lampu malam dan ribuan kendaraan yang mengelilingi simpang 5 semarang memberikan nuansa tersendiri bagi wisatawan.

15. Wisata Belanja Pasar Johar
Jika anda termasuk pelancong yang hobi berbelanja, Pasar Johar Semarang sepertinya cocok untuk anda. Disana anda akan menemukan berbagai macam produk dengan kualitas terjamin dengan harga murah. Pasar ini terdiri dari dua lantai dan menjadi pusat ekonomi warga semarang.

16. Wisata Kulliner Semarang Island


Semarang Island merupakan resto sekaligus tempat pemancingan paling keren yang ada di Kota Semarang. Jadi buat sahabat yang hobi memancing, tempat ini sangat cocok untuk anda. Tempat ini juga memiliki menu spesial yang khas yaitu sup kepala salmon. Menu kulliner ini bahkan dibuat langsung oleh seorang chef handal dari bali. Objek wisata ini beralamat di Jl. Puri Anjasmoro, Tambakharjo, Semarang Barat, Kota Semarang.

17. Tugu Muda Semarang
Jika anda menyukai dunia fotografi, Tugu Muda Semarang merupakan salah satu lokasi spot foto menarik yang ada di kota semarang. Tempat ini berada di tengah-tengah persimpangan besar yang lumayan ramai. Saat malam hari tempat ini nampak indah dengan lampu kota yang menghiasinya.

Itulah 17 Destinasi Wisata Di Semarang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan yang VideoArsip.com rekomendasikan untuk anda. Jika anda masih kurang puas dengan objek wisata yang kami sajikan diatas, anda mungkin tertarik untuk mengunjungi 17 Tempat Wisata Di Purwodadi & Grobogan.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
9 Komentar untuk "17 Tempat Wisata Di Semarang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan"

Semarang memang mempunyai tempat wisata yang menakjubkan.

Sebagai orang Jawa Tengah, saya kok malah belum pernah ke Goa Kreo... Duuh

Goa kreo padahal keren banget lho mas tempatnya. Apalagi waduk jatibarang yang ada dibawahnya :-)

Goa kreo dan jatibarang saya belum pernah mampir, semoga tahun ini bisa singgah disana !

Masih banyak yang belum aku kuncingi di Semarang :-(

Padahal banyak banget lho mas objek wisatanya. Direncanakan aja mas pas libur panjang. Sayang lho deket dengan kota kelahiran kok nggak di eksplore :-)

Semoga saja ya sob. Tempatnya keren dan bagus. Nggak nyesel dah pokoknya kalau datang kesana :-)

WAh mantep...
Beberapa udah pernah :D cuma kalau main di Semarang kotanya males sama lampu merahnya. Hehehehe..
Salam kenal dari Kendal

Iya sih disana banyak banget lampu merah dan jalan searahnya. Aku sendiri pernah kena tilang di lampu merah gara-gara roda depan berada diatas garis marka. Salam kenal dari Blogger Pati kawan :-)

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top