Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

25 Tempat Wisata Di Purworejo Terbaru & Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Objek Wisata Di Purworejo Jateng - Purworejo merupakan sebuah kota di Propinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan daerah Wonosobo. Kabupaten ini mempunyai banyak sekali tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan tempat wisata di wilayah purworejo begitu mengagumkan sehingga wisatawan yang datang ke Purworejo akan merasa puas dengan panorama alam yang disajikan. Panorama alam di Kabupaten Purworejo benar-benar masih alami dan terjaga keasriannya. Dijamin rasa penat setelah seharian beraktifitas akan hilang seketika tatkala bertandang ke kota yang memiliki slogan "BERIRAMA" (Bersih, Indah, Rapi, Aman & Makmur) tersebut.

Tercatat ada 25 tempat wisata di kabupaten purworejo jawa tengah yang wajib dikunjungi wisatawan. Tempat rekreasi yang ada kebanyakan terdiri dari wisata alam dan wisata budaya. Semuanya memiliki ciri khas tersendiri dan menjadikan Purworejo sebagai kota dengan segudang objek wisata. Pada episode kali ini, videoarsip.com akan mengulas semua tempat yang berpotensi menjadi objek wisata dan yang telah berkembang menjadi tempat wisata.

Berikut 25 daftar tempat wisata menarik di purworejo yang paling diminati pengunjung:

1. Wisata Alam Curug Muncar Purworejo
Tempat wisata alam purworejo yang pertama ialah Air Terjun Muncar. Curug ini terletak pada ketinggian 900 mdpl. Akses jalan menuju lokasi kebanyakan adalah tanjakan. Dibutuhkan stamina yang kuat untuk sampai ke tempat tujuan. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan pemandangan yang begitu menakjubkan. Udara yang sejuk juga akan senantiasa anda hirup selama perjalanan menuju Curug Muncar ini. Meskipun terbilang cukup melelahkan, kenyataannya banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena penasaran dengan keindahan air terjun muncar yang sangat fenomenal.

2. Wisata Pantai Pasir Puncu Purworejo
Tempat wisata pantai di purworejo yang tak boleh anda lewatkan berikutnya ialah Pantai Pasir Puncu. Deburan ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi sehingga bisa dilihat keindahannya. Semilir angin laut akan membuat siapa saja yang berada di pantai merasa nyaman dan tenang. tempat rekreasi ini terletak di Desa Harjobinangun, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Karena masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, pengunjung yang datang kesini hanya dikenai ongkos parkir saja yang besarnya tidak seberapa.

3. Wisata Bahari Pantai Jatimalang Purworejo
Obyek wisata pantai purworejo yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Jatimalang. Deburan ombak di pantai ini lumayan besar namun masih tergolong aman. Pengunjung yang takut akan terjangan ombak bisa bermain di kolam renang yang letaknya tak jauh dari pantai. Uniknya kolam renang yang berada di pesisir pantai tersebut terbuat dari terpal yang berwarna-warni. Serunya lagi wisatawan yang berenang di kolam renang buatan ini bisa melihat deburan ombak yang sampai di tepi pantai. Disana wisatawan juga bisa melihat sunset yang begitu mengagumkan.

4. Wisata Indah Air Terjun Tawing Purworejo
Tempat wisata indah di purworejo yang layak untuk anda kunjungi selanjutnya yaitu Curug Tawing. Curug keren ini berlokasi di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Dinamakan curug tawing karena air yang muncul berasal dari tawing atau tebing berbatu. Curug tawing ini memiliki ketinggian lebih kurang 100 meter. Karena berasal dari sumber mata air yang terjaga kualitasnya, air yang keluar dari tebing ini bisa langsung diminum. Tempat wisata kaligesing purworejo ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan dan libur nasional.

5. Wisata Sungai Kedung Lesung Purworejo
Tempat wisata terindah di purworejo yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Kali Kedung Lesung. Di kanan dan kiri sungai banyak terdapat pepohonan yang tumbuh lebat sehingga menjadikan udara di sungai begitu sejuk dan segar. Air yang mengalir di sungai ini juga sangat jernih. Untuk merasakan kesegarannya, anda bisa langsung menjeburkan diri ke sungai ini tanpa takut tenggelam. Suasana di sungai kedung lesung ini benar-benar masih alami. Tempat ini sangat kami rekomendasikan untuk anda sambangi tatkala berada di Kab. Purworejo.

6. Hutan Pinus Purworejo a.k.a Hutan Kusumo Asri
Objek wisata daerah purworejo yang paling diminati selanjutnya yaitu Hutan Pinus Purworejo. Tempat ini sering dipakai berkemah oleh para pecinta alam dan pelajar. Disana juga terdapat kebun binatang mini, arena oubound dan permainan asyik lainnya. Kegiatan adventure di Hutan Pinus a.k.a Hutan Kusumo Asri ini benar-benar menyenangkan. Bagi sahabat yang tertarik menyambangi tempat ini, silahkan datang ke Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

7. Curug Abang Purworejo
Objek wisata kota purworejo selanjutnya yang tak kalah keren ialah Curug Abang. Air terjun keren ini beralamat di Desa Wonosuko, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Di sekitar air terjun juga banyak tumbuh pohon pinus yang makin membuat curug ini terlihat indah. Curug ini memiliki ketinggian kira-kira 20 meter. Kata "abang" yang melekat pada nama curug ini mungkin akan membuat penasaran siapa saja yang mendengarnya. Dan memang benar, pengunjung yang datang ke tempat ini umumnya penasaran dengan air terjun tersebut. Akses jalan menuju air terjun ini relatif baik. Hanya ada beberapa bagian saja yang jalannya berlubang. Tempat berlibur ini paling banyak diserbu wisatawan saat hari minggu dan libur nasional.

8. Goa Sikantong
Tempat wisata terkenal di purworejo yang wajib anda masukkan ke dalam destinasi wisata anda ialah Gua Sikantong. Wisata alam ini terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Goa ini merupakan salah satu objek wisata andalan Kota Purworejo. Keberadaannya gua ini ternyata mampu memberikan pemasukan kepada penduduk sekitar yang berjualan di sekitar lokasi wisata.

9. Air Terjun Gunung Condong a.k.a Curug Kyai Kate
Tempat rekreasi di purworejo jawa tengah yang juga menyita perhatian wisatawan ialah Curug Condong a.k.a Curug Kyai Kate. Kyai Kate sendiri merupakan sesepuh desa yang sangat berperan dalam penyebaran agama islam disana. Debit air yang mengalir di air terjun ini sangat deras meskipun berada pada musim kemarau sekalipun. Rute trekking menuju air terjun ini relatif mudah namun jaraknya lumayan jauh. Curug Kyai Kate ini berketinggian lebih kurang 25 meter. Berhubung debit air terjun yang sangat deras, wisatawan yang datang kesini disarankan agar mandi di aliran sungainya saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Curug Purbayan Kemiri
Tempat wisata di kota purworejo yang cukup menantang selanjutnya ialah Air Terjun Purbayan. Curug Purbayan ini terbilang masih perawan karena lokasinya yang tersembunyi dan sulit dijangkau wisatawan. Dibutuhkan perjuangan ekstra keras untuk sampai ke lokasi air terjun ini karena medannya yang cukup berat. Sejauh ini hanya para petualang sejati saja yang berhasil sampai ke Curug Purbayan ini. Bagi para traveller yang penasaran akan keindahan air terjun ini, silahkan menuju Desa Purbayan, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo.

11. Pantai Ketawang
Tempat rekreasi daerah purworejo yang cukup menawan berikutnya ialah Pantai Ketawang. Pantai Ketawang ini memang berpasir hitam, namun keindahannya nggak kalah keren dengan pantai yang berpasir putih. Dari pantai ini pengunjung bisa melihat menoreh dan pegunungan sewu di sebelah timur, karst di gombong serta mercusuar yang berada di tengah-tengah rawa. Pada hari tertentu, di pantai ini sering diadakan lomba pacuan kuda dan balap motor. Adapun fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan antara lain area parkir, tempat makan, dan tempat duduk yang terdapat di pinggir pantai.

12. Benteng Pendem Purworejo
Obyek wisata kabupaten purworejo jawa tengah yang bernilai sejarah berikutnya ialah Benteng Pendem. Benteng ini merupakan peninggalan pemerintah jepang saat menduduki wilayah indonesia. Jika dikelola dengan baik bangunan ini akan menjadi aset daerah yang bisa mendatangkan pemasukan. Sebagai wujud kepedulian warga setempat akan bangunan bernilai historis tersebut, di sekitar benteng dilakukan penanaman pohon agar benteng pendem terlihat indah. Bagi sahabat yang penasaran dengan bentuk benteng ini, silahkan berkunjung ke Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

13. Puncak Geger Menjangan
Tempat wisata populer dan ngehits di purworejo berikutnya yaitu Bukit Geger Menjangan. Di bukit ini terdapat gardu pandang yan bisa digunakan untuk melihat wilayah purworejo dari atas ketinggian secara landscape. Sejauh mata memandang, hamparan sawah dan lautan terlihat jelas seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Bukit keren ini berada pada ketinggian 175 mdpl. Bagi sahabat yang tertarik berkunjung kesini bisa datang ke Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo.

14. Curug Silangit
Objek wisata purworejo jawa tengah yang tak kalah memukau berikutnya ialah Curug Silangit. Air terjun silangit ini tingginya mencapai 50 meter dan terbagi ke dalam 3 tingkatan. Curug pertama tingginya 30 meter sedangkan curug kedua dan ketiga tingginya masing-masing 10 meter. Akses jalan menuju lokasi sangat mudah dijangkau. Pengunjung yang ingin berwisata kesini bisa memakai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Adapun lokasi tempat tamasya ini ialah di Desa Somongari, Purworejo.

15. Masjid Agung Purworejo
Tempat wisata religi di purworejo yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Masjid Agung Purworejo. Masjid jami' ini memiliki beduk terbesar di dunia. Uniknya beduk yang ada di masjid ini terbuat dari kayu jati utuh yang dilubangi bagian tengahnya. Tak tanggung-tanggung diameter beduk panjangnya 194 cm pada sisi depan, sedangkan pada bagian belakang garis tengahnya mencapai 180 cm. Beduk sepanjang 192 cm ini menggunakan kulit banteng sebagai media penghasil bunyi.

Beduk terbesar di dunia ini usianya sama tuanya dengan Masjid Agung Purworejo. Masjid Agung Daru Muttaqin ini sendiri dibangun pada masa pemerintahan Bupati Purworejo yang pertama yaitu Kanjeng Adipati Arya Cokronegoro I pada Tahun 1834 Masehi. Masjid bersejarah ini berdiri diatas tanah yang luasnya mencapai 8.825 meter persegi.

16. Gua Seplawan
Goa Seplawan merupakan obyek wisata kab purworejo yang wajib anda sambangi berikutnya. Di dalam goa terdapat stalaktit dan stalakmit yang bentuknya sangat indah dan keren. Di dalam gua juga terdapat lampu penerangan yang bisa dipakai wisatawan untuk menelusuri goa seplawan. Gua sepanjang 700 meter ini pada bagian depannya terdapat replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati.

17. Museum Tosan Aji Purworejo
Wisata budaya yang bernilai sejarah di kota purworejo selanjutnya ialah Museum Tosan Aji. Tosan aji sendiri merupakan nama senjata pusaka yang terbuat dari logam besi yang dihormati pada masa lampau. Museum tua ini diresmikan oleh Bapak Ismail yang saat itu menjabat Gubernur Jawa Tengah pada Tanggal 13 April 1987. Selain benda pusaka ( seperti keris, pedang, tombak dan cundrik ) museum ini juga mengoleksi benda cagar budaya lainnya seperti prasasti, yoni, patung, lumpang, lingga, batu pipisan, guci, menhir dan batu gong.

18. Alun-alun Kota Purworejo


Tempat tamasya yang nggak boleh anda lupakan saat berkunjung ke Kabupaten Purworejo ialah Alun-Alun Kota Purworejo. Alun-alun ini konon kabarnya adalah yang terluas di Jawa Tengah. Luasnya saja mencapa enam hektar atau 60.000 meter persegi. Di tengah alun-alun terdapat sepasang pohon beringin yang dulunya didatangkan langsung dari Keraton Yogyakarta. Saat malam hari, alun-alun ini beralih fungsi menjadi tempat nongkrong dan tempat wisata kulliner yang menyajikan aneka makanan khas Kota Purworejo.

19. Wisata Tari Dolalak Purworejo
Tari Dolalak merupakan sebuah tari tradisional yang terinspirasi dari pesta para serdadu belanda pada masa lampau. Kata dolalak sendiri diambil dari not "Do" dan "La" karena pada awalnya tarian ini hanya diiringi alat musik dua nada. Tarian ini hanya dipentaskan pada acara tertentu seperti hajatan, sunatan dan syukuran. Seiring perkembangan jaman, tarian ini sudah dimodifikasi sehingga tercipta tarian unik khas Purworejo.

20. Bebek Goreng Purworejo
Tempat wisata kuliner di purworejo yang tak boleh anda lewatkan yaitu Warung Dargo. Warung ini menyajikan makanan khas purworejo yang sangat nikmat dan lezat yaitu Bebek Goreng. Selain bebek goreng, warung ini juga menyediakan menu lainnya seperti ayam goreng dan burung dara goreng. Warung Dargo ini bahkan telah membuka cabang di Kutoarjo, Jogja dan Pangenrejo.

Demikianlah beberapa tempat wisata di purworejo yang bisa saya sampaikan untuk anda. Jika sahabat belum juga merasa puas dengan tulisan yang saya sajikan, anda bisa berkunjung ke daerah sekitar purworejo seperti 25 Tempat Wisata Di Wonosobo Paling Banyak Diminati Wisatawan.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
13 Komentar untuk "25 Tempat Wisata Di Purworejo Terbaru & Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan"

Purworejo memang mantap dan keren. Tempat wisatanya begitu memukau dan menakjubkan.

weleh banyak pisan ternyata kota Purworejo teh destinasi wisatanya ya sampe ada 25 tempat yang makjleb-makjleb kayanya, maklum baru 5 destinasi yang sempat tak sambangi jeh

Saya yang warga purworejo asli baru ngunjungi beberapa aja dari 25 list diatas. Hedeh ^^"

Kurang banyak dong sob kalau begitu. Kalau ada libur panjang, sempatkan berkunjung ke objek wisata lainnya sob.

Sayang banget kalau dilewatkan.

Yang penting sudah ada yang pernah dikunjungi sob. Daripada belum pernah sama sekali. Memang ada beberapa objek wisata yang lokasinya tersembunyi dan sulit dijangkau.

Kalau begitumah harus tak save dulu list tempat wisata di purworejo biar pas maen kesana tinggal liat aja list tempat wisatanya... heheh

Silahkan kawan. Jadi kalau mau kesana tinggal baca di offline atau saved page :-)

Ada temanku juga yang tinggal Purworejo. Ternyata banyak juga ya tempat wisata di sana.

Purworejo, sebuah kota yg berulang kali aku lewati kalau aku lagi mudik ke purbalingga, ternyata wisatanya banyak juga,

Iya kak. Banyak banget objek wisata yang ada di Kota Purworejo. Semuanya keren-keren dan sayang untuk dilewatkan.

Sekali-kali kalau mudik ke purbalingga, singgah sebentar di Purworejo untuk menikmati wisata yang ada sob. Sayang kan kalau ada tempat wisata asyik malah dilewatkan.

Kalau ada waktu, sempatkan main kesana sob. Dari tempat tinggalmu deket kan sob?

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top