Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

25 Objek Wisata Di Wonosobo Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Tempat Wisata Di Wonosobo Jateng - Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki objek wisata yang cukup terkenal di kalangan traveller yaitu wisata Dieng. Tempat tersebut menjadi incaran wisatawan yang ingin menikmati liburan bersama keluarga tercinta. Udaranya yang sejuk serta pemandangan yang memanjakan mata adalah salah satu alasannya.

Pada kesempatan kali ini, videoarsip.com ingin mengajak sahabat mengenal lebih jauh tentang Kabupaten Wonosobo dari segi pariwisatanya. Tercatat ada lebih dari 25 obyek wisata di kabupaten wonosobo yang wajib dikunjungi wisatawan. Tempat wisata yang ada di wonosobo tersebut mayoritas terdiri dari wisata alam yang memaukau dan menakjubkan. Siapa saja yang datang ke wonosobo, di lain waktu pasti ingin datang kesana kembali untuk menikmati view yang menawan.

Berikut 25 daftar tempat wisata di wonosobo yang wajib anda kunjungi:

1. Air Terjun Sikarim
Obyek wisata di daerah wonosobo yang paling menarik untuk anda kunjungi pertama kali ialah Curug Sikarim. Curug ini terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Tempat wisata keren ini lokasinya masih tersembunyi dan sulit dijangkau wisatawan. Dibutuhkan perjuangan ekstra keras untuk sampai ke lokasi objek wisata. Itu pun harus ditempuh dengan berjalan kaki dan menyusuri hutan yang cukup luas. Meskipun cukup melelahkan, rasa lelah tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun sikarim yang mengagumkan.

2. Kebun Teh Tambi
Tempat wisata kebun teh wonosobo ini lokasinya berada di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Disana pengunjung bisa menghirup udara segar nan sejuk sambil menikmati hamparan kebun teh yang menghijau. Suasana hati yang semula galau akan langsung sirna dan menjadi tenteram setelah melihat pemandangan yang memanjakan mata tersebut.

Selain berwisata alam, wisatawan juga bisa berwisata industri dengan melakukan kunjungan ke Pabrik Teh Tambi. Disana pengunjung dipersilakan melihat langsung proses pengolahan dan pembuatan teh tambi yang cukup fenomenal di wilayah wonosobo. Disamping kunjungan wisata, pihak pengelola perkebunan ternyata juga telah menyediakan fasilitas khusus yang bisa digunakan oleh para pelancong. Adapun sarana dan prasarana yang bisa dinikmati wisatawan antara lain kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain anak dan pondok wisata.

3. Telaga Menjer
Tempat wisata di daerah wonosobo selanjutnya yang tak boleh anda lewatkan ialah Telaga Menjer. Obyek wisata di wonosobo jateng ini beralamat di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Telaga ini sendiri terbentuk akibat letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Air yang berada di telaga tersebut hanya mengandalkan curah hujan yang cukup tinggi di Kota Wonosobo. Waduk ini sering didatangi wisatawan terutama yang hobi memancing.

4. Waduk Wadaslintang
Obyek wisata di wonosobo berupa danau yang berikutnya ialah Waduk Wadaslintang. Bendungan Wadaslintang ini terletak di perbatasan antara Kebumen dan Wonosobo. Konon kabarnya waduk ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Dari laporan yang saya terima, waduk ini luasnya lebih kurang 3.000 hektar. Waduk ini selain berfungsi sebagai pembangkit listrik dan irigasi juga digunakan untuk budidaya ikan air tawar seperti ikan nila. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa menyewa transportasi air untuk melihat secara langsung budidaya ikan nila dari dekat.

5. Arum Jeram Serayu
Tempat wisata alam di wonosobo yang cukup menantang ialah Arum Jeram Serayu. Disana pengunjung bisa menguji adrenalinnya dengan bermain arum jeram dan menaklukkan keganasan sungai serayu. Sungai ini berada pada ketinggian 500 mdpl. Lokasinya sendiri mudah dijangkau karena berada di sisi jalan yang menghubungkan Kota Wonosobo dengan Kota Banjarnegara. Tingkat kesulitan bermain arum jeram di sungai serayu bervariasi mulai dari grade dua sampai grade empat yang berjumlah 30 jeram. Bagi yang menyukai olahraga ekstrem, tempat ini sangat cocok bagi mereka-mereka yang suka tantangan. Makin tinggi tingkat kesulitannya justru semakin asyik dan seru.

6. Pemandian Air Panas Kalianget
Tempat wisata menarik di wonosobo yang wajib anda kunjungi berikutnya ialah Pemandian Air Panas Kalianget. Sarana dan prasarana yang ada di kompleks ini lumayan lengkap. Fasilitas tersebut diantaranya taman bermain, lapangan tenis, lapangan bola, kolam renang, hutan kota dan pemandian air panas. Tempat rekreasi yang satu ini memang mangambil konsep olahraga di alam terbuka.

7. Curug Winong
Tempat wisata terkenal di wonosobo yang tak boleh anda lewatkan berikutnya ialah Air Terjun Winong. Air terjun di wonosobo ini layak anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di wilayah Wonosobo. Curug ini sendiri lokasinya berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Air terjun keren ini jaraknya sekitar 25 KM dari Pusat Kota Wonosobo.

8. Telaga Warna Wonosobo


Tempat wisata telaga warna wonosobo juga wajib anda masukkan ke dalam daftar destinasi wisata anda. Telaga warna ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Warna air di telaga tersebut timbul karena pembiasan cahaya pada endapan belerang yang ada di dasar telaga. Warna yang mendominasi di telaga ini ialah hijau, biru laut dan putih kekuning-kuningan. Untuk bisa melihat keseluruhan warna yang ada di telaga ini, anda bisa naik ke puncak bukit yang mengelilingi telaga ini.

9. Bukit Sikunir
Tempat wisata populer di wonosobo selanjutnya adalah Bukit Sikunir. Bukit ini menjadi favorite anak muda yang ingin menikmati sunrise dari atas awan. Warna sinar matahari yang tampak kekuningan mirip kunir membuat warga setempat menamai bukit ini dengan nama Bukit Sikunir. Kunir sendiri dalam bahasa jawa berarti kunyit. Bukit ini terletak pada ketinggian 2.200 mdpl sehingga awan putih terlihat jelas disini. Bagi sahabat yang ingin menikmati indahnya sunrise dari atas bukit sikunir ini, silahkan datang ke Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Propinsi Jawa Tengah.

10. Sumur Jalatunda
Tempat wisata indah di wonosobo selanjutnya yang berada di Kawasan Wisata Dieng ialah Sumur Jalatunda. Sumur Jalatunda ini beralamat di Desa Pekasiran, Wonosobo. Sumur ini sendiri terbentuk akibat rekahan kawah yang terisi air. Sumur Jalatunda ini berdiameter 90 meter dengan kedalaman 200 meter.

11. Kawah Sikidang Di Dieng
Obyek wisata di dieng wonosobo yang cukup terkenal selanjutnya ialah Kawah Sikidang. Dieng memang terkenal akan kawahnya yang begitu indah. Selain sikidang, masih ada kawah lain yang tak kalah menarik yaitu Kawah Candradimuka dan Kawah Sileri yang masih aktif hingga sekarang. Diantara ketiga kawah tersebut, yang paling diminati wisatawan adalah Kawah Sikidang. Pemandangan di sekitar kawah tersebut sangat mengagumkan. Perpaduan hamparan bukit hijau dengan tanah kapur membuat wisatawan terpesona akan keindahannya. Kawah ini bahkan menjadi objek wisata andalan Kota Wonosobo. Kawah ini dinamakan sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti Kidang ( Kidang ialah nama hewan kijang dalam bahasa jawa )

12. Telaga Cebong Dieng
Tempat wisata terindah di wonosobo yang paling banyak dikunjungi wisatawan ialah Telaga Cebong. Telaga indah ini juga berada di Desa Sembungan, Wonosobo. Disana anda bisa menikmati keindahan alam berupa lahan pertanian yang terhampar luas di sekitar telaga. Karena letaknya yang berada di ketinggian 2.300 mdpl, banyak yang menyebut telaga ini dengan nama Telaga Awan.

13. Curug Sirawe
Tempat wisata air terjun di wonosobo yang layak anda sambangi ialah Curug Sirawe. Curug yang berada di Dukuh Bitingan, Desa Kepakisan ini ketinggiannya lebih kurang 70 meter. Untuk sampai ke lokasi wisata ini kita perlu berjalan kaki menyusuri hutan. Memang butuh perjuangan ekstra keras untuk sampai ke tempat ini karena lokasinya yang masih tersembunyi. Cukup melelahkan emang. Tapi rasa puas akan anda dapatkan setelah melihat keindahan air terjun sirawe dari dekat.

14. Gardu Pandang Tieng Wonosobo
Tempat wisata terbaik di wonosobo yang pastinya akan membuat anda tercengang ialah Gardu Pandang Tieng Wonosobo. Gardu pandang ini berada di atas awan. Sehingga tatkala anda melihat matahari terbit, anda seolah-olah sedang berada sejajar dengan matahari tersebut. Sungguh pengalaman yang menakjubkan bukan? Untuk menikmati indahnya Golden Sunrise ini anda harus berjalan sejauh 17 KM dari Kota Wonosobo.

15. Goa Jaran
Tempat wisata di kabupaten wonosobo yang tak kalah menarik selanjutnya ialah Goa Jaran. Goa ini juga menjadi salah satu wisata unggulan Kota Wonosobo. Dinamakan Gua Jaran karena mulut goa bentuknya mirip kuda. Goa unik ini berada di kawasan dataran tinggi dieng. Goa ini aura mistisnya sangat kuat sekali. Ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang mencari wangsit di gua ini dengan bertapa.

16. Lobang Sewu
Tempat wisata baru di wonosobo yang lagi ngehits yaitu Lobang Sewu. Objek wisata keren nan indah ini berlokasi di Desa Erorejo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Objek wisata terbaru di wonosobo ini selalu diserbu pengunjung terutama saat hari minggu dan libur nasional. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika hendak berlibur ke tempat ini. Wisatawan hanya dibebankan tiket masuk yang besarnya tidak seberapa yaitu 2000 rupiah saja.

17. Wisata Kulliner Mie Ongklok
Wisata kuliner di wonosobo yang layak anda coba ialah Mie Ongklok. Makanan khas wonosobo ini bisa dengan mudah kita jumpai di sepanjang kawasan wisata wonosobo. Rasanya sangat lezat dan menggugah selera. Harganya pun sangat terjangkau sekali. Setelah seharian berkeliling ke wilayah wonosobo, makanan khas yang satu ini sepertinya sangat cocok untuk mengganjal perut yang kelaparan.

18. Telaga Merdada
Obyek wisata wonosobo jateng yang sayang untuk anda lewatkan ialah Telaga Merdada. Telaga ini layak menjadi tujuan wisata anda selanjutnya jika berada di wilayah wonosobo. Telaga ini berlokasi di Desa Karangtengah, Wonosobo. Bentuk telaga ini menyerupai kaldera bekas letusan gunung merapi yang tergenang air. Kontur telaga merdada ini akan terlihat jelas jika dilihat dari ketinggian.

19. Gunung Prau Wonosobo
Tempat wisata wonosobo jateng yang layak menjadi destinasi wisata anda berikutnya adalah Gunung Prahu Wonosobo. Para pendaki umumnya datang ke gunung ini saat liburan panjang. Saat liburan panjang, banyak sekali tenda-tenda yang didirikan anak muda yang suka mendaki gunung. Jalur pendakian ke gunung prau ini bisa ditempuh dari Kendal maupun dari Kawasan Dieng. Gunung perahu ini memiliki ketinggian 2.565 meter dengan puncak tertinggi bernama Bukit Teletubbies. Disana banyak terdapat hamparan rumput yang mirip dengan serial anak teletubbies di Televisi.

20. Candi Arjuna Dieng
Tempat wisata kota wonosobo yang tak kalah keren selnjutnya adalah Kompleks Candi Arjuna Dieng. Candi peninggalan hindu pada abad ke-7 ini ditemukan oleh tentara inggris bernama Van Kinsbergen. Kompleks candi arjuna sendiri terdiri dari 5 candi utama yaitu candi arjuna, candi semar, candi sembadra, candi srikandi dan candi puntadewa.

21. Telaga Pengilon
Wisata keren dan hits di wonosobo selanjutnya yaitu Telaga Pengilon. Telaga ini sendiri lokasinya berdekatan dengan Telaga Pengilon. Uniknya meskipun berdekatan, kandungan zat kimia yang ada di telaga ini berbeda dengan yang ada di Telaga Warna. Telaga ini kandungan sulfurnya sangat tinggi sehingga warna yang dihasilkan oleh pembiasan cahaya relatif lebih banyak.

22. Bukit Sidengkeng Petak 9 Dieng
Tempat wisata seru daerah wonosobo selanjutnya yaitu Bukit Sidengkeng Petak 9. Bukit ini merupakan tempat terbaik untuk melihat telaga warna dan telaga pengilon dari atas. Fotografer profesional sering menjadikan tempat ini sebagai lokasi spot foto yang menawan. Gradasi warna serta latar belakang gunung prau menjadi salah satu alasannya. Bagi wisatawan yang ingin bertandang ke tempat ini, silahkan masuk melalui gerbang wana wisata Petak 9 Dieng. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan berupa pohon akasia decuren dan aneka tanaman bunga yang sedang bermekaran.

23. Spot Wisata Batu Ratapan Angin
Spot foto terbaik lainnya untuk menyaksikan keindahan telaga warna dan telaga pengilon ialah Batu Ratapan Angin. Butuh tenaga ekstra untuk sampai ke tempat ini karena lokasinya yang agak tinggi. Tapi rasa lelah yang muncul tersebut akan segera tergantikan dengan rasa puas yang luar biasa setelah berada di atas Batu Ratapan Angin. Tempat ini juga sering disebut dengan nama Batu Pandang Dieng.

24. Dieng Plateu Theater
Objek wisata terindah berikutnya yaitu Dieng Plateu Theater. Dieng Plateu Theater ini sendiri merupakan sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat pemutaran film dokumenter tentang Dieng Plateu. Bangunan ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 60 buah. Film dokumenter yang sering diputar disini yaitu Bumi Kahyangan Dieng Plateu yang berdurasi 20 menit.

Demikianlah info tempat wisata di wonosobo yang bisa saya sampaikan untuk anda. Jika anda masih belum puas juga, silahkan sambangi objek wisata di sekitarnya seperti 17 Tempat Wisata Di Kendal Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
9 Komentar untuk "25 Objek Wisata Di Wonosobo Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan"

Wonosobo memang luar biasa keren dan indah.

aku cuma pernah dengar namanya tapi belum pernah ke sana mas

kalo ada waktu bisa kesana, tapi ya entahlah mas

salam dari karanganyar

Kalau ada waktu, sempatkan mampir ke wonosobo mas. Tempatnya keren abis.

Salam dari Pati ( soalnya saya dari pati mas )

Telaga Warna dan bukit sikunir, buatku itu primadona banget..

Telaga warna memang bagus banget kak. Mantap dah pokoknya :-)

Uda rencana ke wonosobo tapi blm terlaksana karena kemaren musim ujan takut licin jLannya

Kalau bulan ini sepertinya sudah nggak licin kak jalannya :-)

Mantep banget,,,
Pertama kesini sampe bingung mau kemana dulu, solanya objek wisatanya saling berdekatan satu sama lain :D

Yups betul sekali. Semuanya keren-keren pula. Bikin bingung wisatawan yang datangnya nggak terencana.

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top