Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Pelangi Anti Gagal - Video Arsip Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Pelangi Anti Gagal - Video Arsip

Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Pelangi Anti Gagal

Cara Buat Bolu Kukus - Bolu Kukus Mekar Pelangi merupakan salah satu kue tradisional yang rasanya sangat lezat sekali. Kue basah ini digemari oleh semua kalangan baik anak muda maupun orang dewasa. Kue ini terbilang unik karena bentuknya seperti bunga yang sedang merekah dengan warna yang khas. Cara membuat bolu kukus pelangi ala rumahan ini sebenarnya mirip dengan resep bolu gulung panggang. Yang membedakan cuma terletak pada cetakan dan proses pembuatannya.

Resep bolu kukus pelangi lembut ini memang tak sepopuler lumpia basah, bolu gulung panggang atau resep kue lainnya. Aneka bolu kukus dengan varian rasa yang berbeda biasanya hanya bisa kita temukan pada acara hajatan atau nikahan saja. Padahal kalau kita bikin setiap hari, kuliner ini juga bisa kita jadikan menu sarapan pagi yang sangat bergizi. Rasanya yang sedikit manis dan lembut dengan warna-warni yang menarik sangat mengundang selera bagi siapa saja yang melihatnya.

Cara membuat bolu kukus sederhana ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang bagi yang sudah terbiasa membuatnya, namun sedikit sulit bagi yang belum pernah membuatnya sama sekali. Buat sahabat yang masih pemula jangan takut apalagi berkecil hati karena pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan resep bagaimana cara membuat bolu kukus pelangi yang enak dan lezat. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah kita dapatkan di sekitar rumah kita.

cara membuat bolu panggang

Sama seperti kue pada umumnya, kue bolu kukus juga memerlukan tepung terigu dengan kandungan protein rendah sebanyak 275 gram saja. Agar tidak terjadi gumpalan saat membuat adonan, tepung terigu yang akan digunakan sebaiknya di ayak terlebih dahulu. Hal ini juga bertujuan agar kue basah ini benar-benar halus dan lembut saat sudah menjadi kue atau cake.

Untuk melembutkan tesktur kue bolu kukus ini, kita bisa menggunakan emulsifer dengan merk SP, TBM atau merek lainnya sebanyak 2 sendok teh. Agar kue mengembang sempurna, kita bisa menambahkan minuman bersoda sebanyak 225 ml. Dalam hal ini saya menyarankan untuk menggunakan soda yang rasanya tawar. Jika tidak menemukan soda tawar di pasaran, kita bisa menggantinya dengan minuman dingin dengan merek SPRITE.

Untuk Baking Powder-nya, pilihlah yang kualitasnya bener-bener bagus. Tak perlu banyak-banyak, cukup setengah sendok teh saja. Telur ayam yang digunakan pun juga yang berukuran sedang sebanyak satu butir saja. Untuk vanili bubuk kita hanya butuh setengah sendok kecil saja. Kalau masalah pewarna makanan, kita bisa sesuaikan dengan selera kita. Dan yang nggak kalah penting dalam proses pembuatan kue bolu kukus mekar pelangi ini ialah kertas roti yang berfungsi sebagai cetakan.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bolu Kukus Pelangi Lembut Yang Enak Dan Lezat


1. 275 gram tepung terigu dengan kadar protein rendah
2. 2 sendok teh emulsifer ( Merk SP atau TBM )
3. 225 ml air soda
4. 1/2 sendok teh baking powder
5. 1 butir telur ayam
6. 1/2 sendok teh vanilli bubuk
7. Pewarna makanan
8. Kertas roti

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna


1. Campurkan tepung terigu, vanilli bubuk dan baking powder dalam wadah berukuran besar
2. Aduk adonan tersebut hingga tercampur merata
3. Ambil satu wadah berukuran besar lagi kemudian campurkan telur ayam, emulsifer, dan gula pasir
4. Mixer adonan kedua hingga mengembang dan kelihatan kaku lebih kurang 10 menit
5. Saat mixer adonan kedua, gunakan dengan kecepatan tinggi
6. Masukkan air soda sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai sodanya habis dan adonan tercampur merata
7. Campurkan adonan kedua dengan adonan pertama hingga tercampur merata
8. Ambil sedikit adonan untuk dicampur dengan pewarna makanan
9. Siapkan cetakan kue bolu kukus dan lapisi dengan kertas roti
10. Agar kue bisa mengembang sempurna, disarankan untuk menggunakan cetakan yang terbuat dari aluminium
11. Tuang adonan yang belum diberi pewarna pada bagian dasar
12. Pada bagian atas kita bisa menambahkan adonan yang sudah diberi pewarna
13. Ulangi langkah 11 dan 12 sampai adonan habis dan berada dalam cetakan
14. Siapkan panci untuk mengukus dan tunggu airnya benar-benar mendidih
15. Masukkan cetakan kue ke dalam panci kukusan dan tutup bagian atasnya dengan kain agar uap air tidak kembali ke kuenya
16. Masak kue hingga benar-benar matang dan mengembang sempurna
17. Setelah matang, kue bolu kukus siap dihidangkan di meja makan

Jika langkah demi langkah yang saya sajikan diatas ternyata sulit untuk dipraktekkan, saya ada video tutorial membuat kue bolu yang mudah untuk diikuti. Video yang akan anda saksikan dibawah ini bukan tentang proses membuat bolu kukus melainkan video tutorial cara membuat bolu gulung panggang yang mudah dan simple. Silahkan tonton videonya dengan cara menekan tombol play yang muncul di layar.


Demikianlah informasi singkat tentang Tips dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar Yang Enak yang bisa saya bagikan untuk anda. Semoga tulisan singkat ini mampu menambah literasi dunia kuliner di indonesia. Jika sahabat sudah mahir membuatnya, anda mungkin perlu mencoba resep lainnya seperti Cara Membuat Tape Bakar Coklat Keju Yang Enak Dan Lezat.
SHARE :

Tentang Saya

KAMU BISA..!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk memotivasi diri saya sendiri
5 Komentar untuk "Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Pelangi Anti Gagal"

Bolu kukus mekar pelangi diatas benar-benar enak dan lezat.

Kalau buat sendiri sih, belum pernah. Tapi kalau ibu sering buat... Nanti kalau ada waktu pengen coba buat sendiri..he

Sekali-kali bikin sendiri sob. Biar nggak merepotkan orang tua melulu hehehe

Aku suka kue ini .. Terutama yang rasa coklat. Buat sendiri malah blm pernah... Padahal kayaknya mudah yaa..

Mudah banget kok mbak. Dicoba aja, pasti rasanya enak banget.

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top