25 Objek Wisata Di Banjarnegara Yang Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan - Video Arsip 25 Objek Wisata Di Banjarnegara Yang Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan - Video Arsip

Gudangnya Video Heboh Dan Video Lucu

25 Objek Wisata Di Banjarnegara Yang Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan

Tempat Wisata Menarik Di Banjarnegara - Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan begitu banyak potensi wisata. Jika sahabat suka travelling di daerah pegunungan atau dataran tinggi, maka Banjarnegara adalah tempat yang cocok untuk anda. Jika temen-temen pernah mendengar dataran tinggi dieng, maka itulah salah satu objek wisata andalan Kota Banjarnegara yang sudah terkenal dimana-mana. Destinasi wisata keren nan indah ini memang terbagi dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Selain dataran tinggi dieng, Kabupaten Banjarnegara ternyata juga masih memiliki tempat wisata tersembunyi lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya masuk ke dalam kategori wisata alam sedangkan yang lainnya masuk dalam kategori wisata sejarah dan budaya. Bagi sahabat yang ingin berkunjung ke wilayah Banjarnegara disarankan untuk membawa jaket tebal mengingat suhu udara disana sangat dingin terutama saat malam hari.

Berikut 25 Daftar Tempat Wisata Di Banjarnegara Yang Wajib Dikunjungi:


1. Curug Pitu Banjarnegara

tempat wisata di kalibening banjarnegara

Objek wisata alam banjarnegara yang pertama ialah Curug Pitu. Air terjun keren ini berada di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Seperti namanya, curug ini memang memiliki tujuh tingkatan yang sangat eksotis. Untuk menuju tingkatan satu ke tingkatan berikutnya, pihak pengelola telah menyediakan tangga yang bisa dilewati oleh wisatawan.

2. Curug Mrawu Banjarnegara
Tempat wisata alam banjarnegara berikutnya adalah Curug Mrawu. Air terjun yang satu ini sangat cocok bagi temen-temen yang menyukai tracking sampai ke wisata utama. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan pemandangan yang memanjakan mata berupa hutan dan persawahan. Menikmati panorama alam selama perjalanan akan membuat rasa lelah tak terasa. Objek wisata di banjarnegara jateng ini jauh dari pemukiman penduduk. Anda pasti terbayang bagaimana syahdunya suasana disana. Saat sampai di curug mrawu, anda tidak hanya disuguhi pemandangan berupa air terjun saja melainkan ada wisata lainnya yang tak kalah keren yaitu Mata Air Giritirta dan Curug Genting. Ketiga objek wisata ini berada di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara.

3. Curug Pundung Sewu
Objek wisata di daerah banjarnegara selanjutnya yang tak kalah keren ialah Curug Pundung Sewu. Air terjun yang masih masuk kawasan wisata di Banjarnegara ini masih alami dan jarang tersentuh tangan jahil manusia. Jika sahabat bertandang ke Kota Banjarnegara, jangan lewatkan tempat wisata menakjubkan yang satu ini. Air terjun Pundung Sewu ini berada di Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara.

4. Curug Sikopel
Tempat wisata indah di banjarnegara berikutnya yang menyimpan mitos tertentu ialah Curug Sikopel. Mitosnya barang siapa yang mandi di air terjun sikopel ini, ia akan tetap awet muda. Benar dan tidaknya hanya Allah SWT yang tahu. Yang jelas manusia hidup di dunia ini akan mati baik muda maupun tua. Air terjun dengan tinggi 70 meter ini beralamat di Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara.

5. Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas
Tempat rekreasi daerah banjarnegara selanjutnya yang nggak boleh anda lewatkan saat bertandang ke Kota Banjarnegara ialah Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas. Tempat wisata serulingmas banjarnegara ini sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata bersama dengan keluarga anda. Berwisata sambil mengenalkan aneka satwa kepada sang buah hati akan menjadi pengalaman seru dan menyenangkan. Selain aneka satwanya lengkap, pemandangan alam disana juga sangat menarik. Tempat wisata keluarga di banjarnegara ini berlokasi di Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

6. Waduk Mrica Banjarnegara
Tempat wisata area banjarnegara yang sayang untuk dilewatkan berikutnya ialah Waduk Mrica Banjarnegara. Di waduk ini wisatawan bisa menikmati hamparan permukaan air yang begitu luas. Danau buatan yang satu ini kabarnya adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Bendungan ini merupakan bendungan yang membendung Sungai Serayu. Pengunjung yang datang kesini bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti memancing, naik perahu bahkan main golf. Dan tahukah anda bahwa pasokan listrik untuk Jawa dan Bali salah satunya berasal dari waduk ini. Objek wisata mengagumkan ini terletak di Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara.


7. Surya Yudha Park
Tempat wisata di daerah banjarnegara yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Surya Yudha Park. Objek wisata keren nan indah ini berlokasi di Jl.Raya Karang Kobar KM.1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara. Wisatawan yang datang kesini bisa berfoto di depan maskot Amerika dan Singapura secara bersamaan tanpa melakukan editing di smartphone. Surya Yudha Park memang mempunyai Patung Liberty dan Merlion yang berdiri bersebelahan. Tempat wisata keluarga yang satu ini kabarnya merupakan taman rekreasi air terlengkap di wilayah Banjarnegara. Adapun fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan antara lain hotel berbintang, rafting, arena olahraga dan wahana outbound.

8. Arum Jeram Sungai Serayu
Tempat wisata di banjarnegara jawa tengah yang bisa meningkatkan adrenalin anda berikutnya ialah Arum Jeram di Sungai Serayu. Sungai Serayu saya rasa sudah tidak asing lagi di telinga warga Banjarnegara. Objek wisata yang terkenal akan raftingnya ini semakin berkembang dari waktu ke waktu. Objek wisata di Banjarnegara Jateng ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Arum Jeram Sungai Serayu ini masuk ke dalam wilayah Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

9. Wadas Tumpang Banjarnegara
Tempat wisata budaya di daerah banjarnegara yang wajib anda sambangi selanjutnya adalah Wadas Tumpang. Wadas Tumpang dulunya dipakai sebagai tempat bertapa masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya. Ini dibuktikan dengan banyaknya sesaji yang ada disana. Wadas Tumpang sangat digandrungi wisatawan karena selain menarik dari sisi mistisnya, tempat ini juga mempunyai panorama indah dan udara yang sangat sejuk khas dataran tinggi. Disana anda juga bisa melihat kandang macan alami dari akar pohon serta kera putih yang banyak berseliweran. Objek wisata yang bercerita sejarah masa lampau di banjarnegara ini terletak di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

10. Anglir Mendung Banjarnegara
Tempat wisata di kabupaten banjarnegara yang sangat cocok untuk camping selanjutnya ialah Anglir Mendung. Bumi perkemahan yang ada di wilayah banjarnegara ini berkapasitas 200 tenda. Tempat wisata yang ada di banjarnegara ini berhawa sejuk karena dikelilingi oleh Hutan Lindung. Selain area camping, fasilitas lain yang bisa dinikmati wisatawan ialah taman bermain dan kolam renang. Buat temen-temen yang hobi berkemah silahkan datang kesini dan rasakan sensasinya camping di dataran tinggi. Objek wisata ini beralamat di Desa Paweden, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara

11. Kompleks Percandian Arjuna
Tempat wisata sejarah di Banjarnegara yang layak untuk anda sambangi berikutnya adalah Kompleks Percandian Arjuna. Tempat ini masih masuk ke dalam kawasan wisata dieng. Candi Arjuna sendiri merupakan salah satu candi yang sangat populer di dataran tinggi dieng. Jika anda pernah melihat sahabat anda berfoto ris di kawasan candi yang ada di dataran tinggi dieng, bisa dipastikan inilah tempatnya. Culture Festival juga sering diselenggarakan disini untuk melestarikan budaya lokal.

12. Telaga Merdada
Tempat wisata dieng banjarnegara yang terbentuk karena letusan gunung berapi ialah Telaga Merdada. Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang ada di wilayah dieng, banjarnegara. Bagi temen-temen yang penasaran dengan tempat ini bisa datang langsung ke Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

13. Kawah Sikidang
Tempat wisata batur banjarnegara yang tak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah Kawah Sikidang. Kawah Sikidang ini secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Disana pengunjung bisa melihat aktivitas kawah secara langsung dari jarak dekat. Pesona alam disana juga sangat indah dan memukau.

14. Kawah Candradimuka
Tempat wisata banjarnegara terbaru yang patut anda kunjungi berikutnya ialah Kawah Candradimuka. Konon kabarnya disinilah Raden Gatotkaca memperoleh kesaktiannya. Seperti kawah lainnya, kawah candradimuka ini masih aktif hingga sekarang. Bagi sahabat yang ingin melihat aktifitas perut bumi ini secara langsung, silahkan datang ke Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

15. Sumur Jalatunda
Kawasan dieng memang dipercaya sebagai rumahnya para dewa. Suasana mistis sangat terasa disana. Salah satu tempat yang terkenal karena hawa mistisnya ialah Sumur Jalatunda. Sumur ini berdiameter 90 meter dengan kedalaman lebih dari 150 meter. Menurut legenda, sumur ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi pada ratusan tahun yang lalu. Bagi sahabat yang ingin merasakan hawa mistis dari tempat ini, silahkan pergi ke Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

16. Kawah Sileri Dieng
Kawah ini dinamakan sileri karena air yang berada di dalam kawah warnanya seperti "leri". Leri dalam bahasa jawa berarti air cucian beras. Kawah Sileri masih aktif hingga sekarang. Kawah ini terakhir meletus pada Tahun 2009 lalu. Meskipun masih aktif, tempat wisata ini dinyatakan masih aman untuk dikunjungi. Tempat wisata ini lokasinya berada di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

17. Candi Gatotkaca Dieng
Tempat wisata bersejarah yang masih masuk dalam kawasan kompleks candi arjuna ialah Candi Gatutkaca. Disini anda bisa membeli aneka souvenir dan oleh-oleh untuk kerabat anda di rumah. Candi ini lokasinya terletak di Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

18. Museum Kaliasa Dieng
Tempat wisata terbaru di banjarnegara yang baru diresmikan pada Tanggal 28 Juli 2008 adalah Museum Kaliasa. Museum ini menyimpan koleksi benda-benda arkeolog, artefak dan masih banyak lagi yang lainnya. Dinamakan Kaliasa karena masyarakat disini percaya bahwa kaliasa adalah tempat tinggal Dewa Syiwa. Museum ini lokasinya juga sama dengan candi gatotkaca yaitu di Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

19. Gunung Lanang Banjarnegara
Dinamakan gunung lanang karena gunung ini kalau dilihat dari jauh bentuknya mirip dengan alat kelamin laki-laki. Menurut warga setempat, gunung ini merupakan pasangan dari gunung tampomas yang lebih dikenal dengan sebutan gunung wadon. Gunung ini cukup sakral karena sering dipakai untuk bertapa. Ini terbukti dengan banyaknya sesaji yang bertebaran disana. Tempat wisata indah ini berada di Desa Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

20. Candi Bima Dieng
Objek wisata di Kabupaten Banjarnegara yang pernah mengalami pemugaran ialah Candi Bima. Pemugaran ini dilakukan sebagai bentuk pelestarian benda cagar budaya agar tidak semakin hancur dimakan zaman. Candi Bima ini arsitekturnya mirip dengan candi-candi yang ada di India. Bagi temen-temen yang ingin melihat keindahan candi ini, silahkan datang langsung ke Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

21. Candi Dwarawati Dieng
Candi yang satu ini ukurannya sangat kecil dan lokasinya tersembunyi. Dulunya candi ini dipakai untuk pemujaan dewa syiwa. Di sekitar candi dwarawati sebenernya masih ada candi lain yang lumayan banyak. Sayangnya bangunan candi tersebut sudah hancur. Hanya candi dwarawati sajalah yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Candi ini lokasinya berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

22. Telaga Dringo
Telaga yang berada di dataran tinggi dieng ini merupakan telaga terindah yang ada di daerah banjarnegara. Banyak yang mengatakan bahwa Telaga Dringo adalah Ranukumbolo-nya Jawa Tengah. Untuk sampai ke lokasi tujuan, anda butuh berjuang dengan melakukan tracking selama 20 menit. Medan berat yang anda lalui akan terbayar setelah melihat keindahan Danau Dlingo dari jarak dekat.

23. Tampo Mas
Objek wisata di Kota Banjarneara yang satu ini memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan waduk mrica. Dulu Tampo Mas adalah sebuah gunung tampomas. Gunung ini dihancurkan seiring dibangunnya waduk mrica. Bekas reruntuhan gunung tampo mas inilah yang justru menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Spot foto di tempat ini benar-benar indah dan sangat menarik.

Demikianlah informasi singkat tentang Tempat Wisata Di Banjarnegara Yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan. Kalau daftar objek wisata di atas belum juga memuaskan hasrat travelling anda, anda bisa berkunjung ke daerah di sekitarnya seperti 50 Objek Wisata Di Kebumen Paling Banyak Diminati Wisatawan.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
7 Komentar untuk "25 Objek Wisata Di Banjarnegara Yang Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan"

kebanyakan wisata alam ya mas, dieng itu juga masuk ke banjarnegara juga to? tak kira full milik wonosobo ^^

Iya kang. Banyak sekali wisata alamnya.

pokoknya daerah wonosobo - banjarnegara itu memang jos, gak ada bosen2nya jika berlibur kesitu.

Yups... Betul sekali. Pokoknya seru kalau liburan kesana

Wah.. ternyata banyak sekali ya, Mas Hadi.
Kapan-kapan saya mau ke Banjarnegara. Sudah dekat dari Kebumen ini hehehe.

Deket banget tuh mas. Langsung capcus aja pokoknya hehehe

Please share & follow us at Google+ or Youtube

Back To Top